Jaga Kesehatan Rambut dengan Keramas, Haruskah Cuci Rambut Setiap Hari?

Ilustrasi keramas.netdna-cdn.com

kesehatan

Jaga Kesehatan Rambut dengan Keramas, Haruskah Cuci Rambut Setiap Hari?

Rabu, 22 September 2021 21:00 WIB
Reporter : Antara Editor : Mitra Tarigan

CANTIKA.COM, Jakarta - Seperti halnya kulit, rambut juga perlu mendapat perawatan yang baik, salah satunya keramas dengan cara yang benar. Noopur Jain, pendiri dan konsultan dermatologis di Skinzest India, mengatakan bahwa rambut memiliki materi yang sangat halus sehingga membutuhkan perawatan dan perhatian yang tepat untuk pemeliharaannya.

"Keramas adalah salah satu langkah terpenting dalam rutinitas perawatan rambut, oleh karena itu mengetahui beberapa fakta dan mengetahui cara melakukannya dengan benar sangat penting," ujar Noopur dilansir Indian Express pada Rabu 22 September 2021.

Noopur mengungkapkan setidaknya ada lima tips dan trik cara berkeramas yang benar untuk menjaga kesehatan rambut.

1. Sampo hanya untuk kulit kepalaSampo hanya berguna untuk membersihkan kulit kepala dan bukan untuk helaian rambut. Sampo khusus untuk kulit kepala, seharusnya dipijat ke kulit kepala saja selama 30 detik atau lebih tergantung pada intensitas produk. Ingatlah bahwa untuk pemerataan dan penyabunan yang lebih baik, rambut harus basah.

2. Sampo harus digunakan dalam jumlah sedikitPenggunaan sampo yang terlalu banyak dapat menyebabkan kekeringan pada kulit kepala dan merusak rambut. Tidak peduli seberapa panjang rambut Anda, tuanglah sampo seukuran koin saja dan encerkan dengan air.

3. Frekuensi keramas berbeda pada tiap orangBeberapa orang berkeramas setiap hari, namun ada juga yang 2-3 hari sekali, hal ini tergantung pada tekstur rambut dan sifat kulit kepala seseorang. Jika Anda termasuk orang yang harus berkeramas setiap hari, maka pilihlah sampo dengan bahan ringan. Memperlambat frekuensi keramas penting untuk tekstur dan pertumbuhan rambut. Selalu berkonsultasi dengan dokter kulit jika menghadapi masalah apapun terkait dengan keramas untuk mendapatkan hasil terbaik.

4. Tidak ada sampo terbaikApa yang cocok untuk orang lain mungkin tidak cocok untuk Anda, karena setiap rambut berbeda. Anda hanya perlu menemukan sampo yang sesuai dengan jenis rambut. Seorang dokter kulit dapat memandu Anda mengenai kondisi kulit kepala dan tekstur rambut. Beberapa mungkin memiliki kulit kepala kering dan beberapa berminyak, karenanya memilih sampo yang tepat akan sangat membantu.

5. Jangan membungkus rambut basah dengan handukKesalahan yang paling sering dilakukan oleh kebanyakan orang adalah membungkus rambut dengan handuk dalam keadaan basah. Hal ini justru dapat menyebabkan kerusakan rambut. Setelah Anda selesai mencuci rambut, bagian pengeringan juga harus diperhatikan. Mengikat atau membungkus rambut secara sembarangan dengan handuk ketat dapat menyebabkan kerusakan dan kerontokan. Salah satu cara terbaik untuk mengeringkan rambut adalah menggunakan handuk katun atau kaos katun, teksturnya yang lembut tidak akan menyebabkan kerusakan.

Baca: Manfaat Kenari, Bantu Atasi Diabetes Hingga Tingkatkan Kesehatan Rambut