Luna Maya bagikan 4 Tips Hidup Sehat, Belajar Mendengarkan Diri Sendiri

Luna Maya. Instagram/@lunamaya

kesehatan

Luna Maya bagikan 4 Tips Hidup Sehat, Belajar Mendengarkan Diri Sendiri

Jumat, 17 Juni 2022 09:05 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Gaya hidup sehat kian digandrungi belakangan ini, begitu pula dengan aktris Luna Maya yang makin peduli dengan kesehatannya. Perempuan kelahiran November 1983 ini membagikan tips bagi kalian yang ingin memulai gaya hidup sehat secara konsisten dan membangun kebiasaan baik untuk jangka waktu panjang.

Berikut tips hidup sehat ala Luna Maya yang bisa kamu sontek

1. Perubahan bertahap

Kiat yang biasa ia lakukan untuk memulai kebiasaan baru yaitu menetapkan langkah perubahan secara bertahap. Luna mencontohkan, pada saat dirinya ingin menjalankan diet jus atau hanya mengonsumsi jus buah dan sayur, ia melakukannya secara bertahap dimulai dari tiga hari saja kemudian mencoba selama lima hari hingga tujuh hari.

“Bertahap saja. Jadi kita lihat, kalau bertahap itu ada perubahannya pasti kita langsung merasakan ada perubahan. Coba dulu tiga hari pertama atau minggu pertama itu pasti sulit banget,” ujar Luna saat mengisi acara kolaborasinya dengan Re.juvee di Jakarta, Rabu 15 Juni 2022.

2. Porsi makanan dikurangi

Selanjutnya, jika ingin mengurangi konsumsi makanan yang kurang bernutrisi dan kurang bergizi juga dilakukan secara bertahap. Porsi jenis makanan yang kurang baik itu bisa dikurangi secara sedikit demi sedikit. Luna tidak menyarankan mengubah kebiasaan dengan cara ekstrem yang secara tiba-tiba menghapus kebiasaan lama.

Luna Maya saat ditemui di acara peluncuran kolaborasi paket eksklusif #LiveHappierAlaLunaMaya/ dan Re.juve Foto: Cantika

3. Kebiasaan olahraga

Perlu diketahui, bagi orang yang tidak terbiasa melakukan olahraga, Luna menyarankan untuk memulai dari berjalan kaki secara rutin, misalnya berjalan kaki mengelilingi rumah sebanyak lima kali sambil mendengarkan musik. Cara tersebut, kata Luna, secara tidak langsung mirip dengan meditasi sehingga bisa lebih terhubung ke diri sendiri.

“Setelah jalan kali sudah mulai terbiasa, mulai lari-lari kecil. Kalau nggak kuat satu kilometer, jalan kaki lagi. Kemudian lari lagi, jalan kaki lagi,” ucapnya.

4. Belajar mendengarkan tubuh sendiri

Luna juga tak lupa menegaskan pentingnya selalu “mendengarkan” tubuh sendiri. Ia mengatakan bahwa tubuh biasanya akan mengirim tanda apabila seseorang tidak lagi atau berhenti melakukan kebiasaan tertentu.

“Saat gaya hidup sehat sudah menjadi kebiasaan, jika kalian stop, pasti badan kalian bertanya-tanya, apalagi bagi yang sudah biasa berkeringat (olahraga). Saya kalau sehari misalkan nggak berkeringat, itu nggak enak banget karena nggak ada endorfin yang keluar,” ujar Luna.

Usai menerapkan gaya hidup sehat secara konsisten, pemeran Suzanna ini mengaku dirinya menjadi lebih banyak memiliki energi yang tersimpan sehingga tidak mudah merasa lelah. 

“Yang pasti saya merasa nggak capek, energinya banyak, walaupun badan sudah mulai capai. Kadang merasa ngantuk itu ada, tapi entah bagaimana saya bisa bekerja tujuh hari nonstop dan traveling ke mana-mana,” katanya.

Baca:  Peduli Anak Berkebutuhan Khusus, Luna Maya dan Re.juve Rilis Paket Eksklusif