Tips Bersihkan Mainan Kayu, Bisa Pakai Cuka Apel

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Mobil mainan kayu Ferrari SF90 Spider. Youtube/Woodworking Art

Mobil mainan kayu Ferrari SF90 Spider. Youtube/Woodworking Art

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaMainan kayu mungkin saja salah satu mainan kesukaan buah hati Anda. Manfaat berkegiatan dengan mainan kayu tidak hanya membantu membantu merangsang kreativitas buah hati, dan juga relatif tidak mudah rusak..

Walau begitu, cara perawatan yang salah justru bisa membuat mainan yang harusnya awet menjadi cepat rusak. Agar kondisinya tetap baik hingga bertahun-tahun, Anda perlu tahu cara yang tepat dalam membersihkan mainan kayu.

Simak 4 tips bersihkan mainan kayu seperti dikutip dari siaran resmi Rabu 8 Juni 2022.

1. Jangan rendam mainan di dalam air

Kayu merupakan material yang berpori-pori, sehingga merendam mainan kayu dapat mengubah bentuk dan cat pada mainan yang dapat menyebabkan mainan cepat rusak.

2. Lap mainan dengan kain

Untuk menghilangkan debu, lap basah mainan menggunakan air hangat. Lalu jemur di bawah sinar matahari untuk membunuh kuman dan bakteri.

3. Gunakan Mild Soap

Mainan kayu yang di cat atau dilapisi dengan varnish bisa dibersihkan dengan Mild Soap. Caranya, basahi spons dengan Mild Soap lalu lap mainan hingga bersih.

4. Gunakan cuka putih atau cuka apel

Noda pada mainan kayu dapat dibersihkan menggunakan cuka putih atau cuka apel yang diencerkan dengan air. Caranya gunakan rasio 1:1 antara cuka dan air, semprotkan pada bekas noda lalu gosok dengan spons

Produsen mainan Letter In Pine meluncurkan mainan edukasi "City Collection" untuk anak usia 1-3 tahun yang diklaim bisa membantu meningkatkan imajinasi dan kreativitas buah hati. Pendiri Letter in Pine, Adhiprana Waraputra, mengatakan koleksi ini terinspirasi dari gagasan bahwa anak bisa belajar mengenal kota di Indonesia dan luar negeri lewat mainan. Empat kota yang dihadirkan adalah Jakarta, Paris, London dan New York.

Koleksi mainan ini terbuat dari bahan kayu pinus yang sudah terverifikasi sehingga terjamin dan aman digunakan, serta menggunakan bahan cat food grade bersertifikat yang sesuai dengan standar European Chemicals Agency (ECHA) Reach Regulation yang diklaim aman untuk bayi dan anak serta ramah lingkungan.

Baca: 8 Inspirasi Desain Kayu untuk Menciptakan Suasana Hangat di Dapur

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."