BTS Bakal Rilis Album Antologi Berjudul Proof, Kompilasi Karya selama 9 Tahun

BTS luncurkan album antologi berjudul Proof pada Jumat, 10 Juni 2022. Foto: Instagram/@bts.bighitofficial

ragam

BTS Bakal Rilis Album Antologi Berjudul Proof, Kompilasi Karya selama 9 Tahun

Selasa, 7 Juni 2022 12:35 WIB
Reporter : Antara Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Kabar bahagia untuk para army, sebutan fandom grup K-pop BTS. Grup yang digawangi tujuh pria; RM, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V, dan Jungkook, itu bakal merilis album antologi berjudul Proof pada Jumat, 10 Juni 2022, pukul 13.00 waktu Korea Selatan atau 11.00 waktu Indonesia Barat. Album tersebut merupakan kompilasi karya yang dihasilkan BTS sembilan tahun sejak debutnya.

Proof akan menjadi album fisik pertama BTS sejak merilis CD single dengan Butter dan Permission to Dance tahun lalu.

Album mendatang berisi gambaran mengenai masa lalu, masa sekarang, dan masa depan BTS sebagai grup K-pop terpopuler yang akan merayakan 9 tahun berkarya pada 13 Juni 2022. 

“Saat BTS merayakan ulang tahun kesembilan debutnya dan akan membuka babak baru di tahun ke-10 mereka sebagai artis, Proof dirancang untuk melihat kembali aktivitas grup di masa lalu dan merenungkan maknanya,” kata agensi Big Hit Music dalam sebuah rilis, dikutip dari Yonhap pada Selasa, 7 Juni 2022.

Sebelumnya pada Mei, BTS telah mengumumkan daftar lagu untuk album antologi mereka melalui akun media sosialnya. Album yang terdiri dari tiga CD itu akan memiliki total 48 lagu, termasuk tiga lagu baru yaitu Yet To Come, Run BTS, dan "For Youth. Lagu utama Yet To Come turut dibuat oleh RM, Suga, dan J-hope.

CD pertama album Proof terdiri dari 19 lagu yang sebagian besar berisi hits sepanjang karier mereka, yaitu Danger, Fire, DNA, Boy With Luv featuring Halsey, Spring Day, Fake Love, Dynamite, dan Butter.

CD kedua terdiri dari trek subunit, sementara CD terakhir didedikasikan untuk penggemar atau Army yang berisi lagu-lagu yang belum pernah dirilis sebelumnya dan versi demo dari beberapa lagu hit.

BTS akan membawakan lagu-lagu baru, termasuk Yet To Come, untuk pertama kalinya pada Senin, 13 Juni 2022, pukul 9 malam waktu Korea Selatan di saluran YouTube Bangtan TV bersamaan dengan hari jadinya kesembilan, ungkap Big Hit Music.

Grup ini akan memperkenalkan album dan lagu-lagunya kepada penggemar selama pertunjukan daring. Pada hari yang sama, BTS akan melakukan pra-rekaman sebagai bagian program musik Mnet "M Countdown" di Jangchung Arena, Seoul, yang dihadiri sekitar 4.000 penggemar.

BTS juga akan muncul di dua program musik TV lagi untuk mempromosikan Proof, yaitu Music Bank di KBS 2TV pada 17 Juni dan Inkigayo di SBS pada 19 Juni. Grup ini terakhir muncul di program musik TV lokal pada Maret 2020.

Kritikus musik pop asal Korea Selatan Jung Min-jae memandang bahwa album Proof tampak seperti “hadiah” yang dipersembahkan untuk penggemar setia BTS karena berisi lagu-lagu hit, lagu-lagu yang belum pernah dirilis sebelumnya, serta versi demo dari beberapa hit.

“Tidak semua orang bisa merilis album antologi. Untuk Proof, BTS tampaknya mendapat inspirasi dari album antologi yang dirilis oleh band Inggris The Beatles pada pertengahan 1990-an,” kata Jung

Baca juga: Pecahkan Rekor Baru di Billboard Music Awards 2022, Prestasi BTS Kian Bersinar