Jangan Diabaikan, Gejala Kolesterol Tinggi Bisa Dilihat dari Mata

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi wanita bermata cokelat. Pixabay.com

Ilustrasi wanita bermata cokelat. Pixabay.com

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaKolesterol tinggi bisa disebabkan karena Anda kurang berolahraga, sehingga terjadi penumpukkan kolesterol di arteri. Penumpukan lemak terjadi karena terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak dan sangat sedikit bergerak.

Kenali gejala kolesterol tinggi yang bisa dilihat dari mata berikut ini.

1. Xanthelasma

Xanthelasma adalah salah satu gejala paling umum dari kolesterol tinggi yang terkait dengan mata Anda. Ini adalah area kekuningan di sekitar mata atau di dekat hidung yang disebabkan oleh penumpukan kolesterol di bawah kulit wajah Anda. Area kuning cenderung datar atau agak menonjol, tetapi ini tidak memengaruhi penglihatan Anda.

Hal itu biasanya terlihat di sekitar mata orang-orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi. Gejala penyakit kolesterol paling sering terjadi pada perempuan, karena kelebihan berat badan, perokok atau mereka yang menderita diabetes. Sekitar setengah dari mereka yang menderita xanthelasma memiliki kadar kolesterol yang berbahaya.

2. Oklusi Vena Retina

Oklusi Vena Retina adalah ketika vena yang memasok darah ke retina, jaringan di belakang mata Anda, tersumbat oleh timbunan lemak kolesterol. Darah dan cairan tumpah ke retina, retina membengkak dan mempengaruhi penglihatan Anda. Arteri retina juga dapat tersumbat, yang dapat menyebabkan stroke mata.

Kondisi berbahaya tersebut dapat menyebabkan kematian sel saraf yang mengakibatkan kehilangan penglihatan sementara yang parah hingga masalah kolesterol Anda terkendali. Baik Oklusi Vena Retina dan Oklusi Arteri Retina sama-sama menyakitkan, menyebabkan pandangan kabur di satu mata dan dapat menyebabkan floaters - bintik hitam atau garis yang memengaruhi penglihatan Anda.

3. Plak Hollenhorst

Plak Hollenhorst adalah gejala kolesterol tinggi yang jarang, tetapi serius. Kondisi ini terjadi ketika sepotong kolesterol ditemukan di arteri retina Anda. Plak tidak menimbulkan gejala dan Anda mungkin tidak menyadari bahwa Anda memiliki masalah plak kolesterol di mata Anda sampai menyebabkan penyumbatan.

Baca: Waspada, Kebanyakan Minum Espresso Bisa Berakibat Kolesterol Tinggi

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."