Gaya Retno Marsudi saat Bertemu Menlu Australia, Anggun Pakai Midi Dress

Fashion Menteri Luar Negeri Retno Marsudi saat bertemu dengan Menteri Luar Negeri Australia Penny Wong/Foto: Instagram/Retno Marsudi

mode

Gaya Retno Marsudi saat Bertemu Menlu Australia, Anggun Pakai Midi Dress

Senin, 6 Juni 2022 19:05 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi bertemu dengan Menteri Luar Negeri Australia Penny Wong untuk membicarakan rangkaian agenda pertemuan pertama Presiden Joko Widodo dengan Perdana Menteri Australia Anthony Albanese.

"Malam ini, saya melakukan pertemuan dengan Menlu Australia yang baru @senatorpennywong. Kami membahas persiapan terakhir pertemuan pertama Presiden @Jokowi dan Perdana Menteri Albanese di Istana Bogor esok hari. Welcome back to Jakarta Minister Wong!" tulisnya di laman Instagram, 5 Juni 2022.

Dalam pertemuan tersebut, tampak Retno berpenampilan anggun mengenakan midi dress warna hitam. satu warna yang menjadi andalannya. Kemudian, agar tidak plain, ia menambahkan belt warna senada dan brooch mini warna putih di bagian dada kanan busananya.  

Pertemuan itu juga diunggah oleh Penny Wong di laman Instagramnya, ia terkesan usai bertemu dengan Retno Marsudi.

"Senang bertemu dengan Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi menjelang Pertemuan Pemimpin Tahunan hari ini. Indonesia adalah mitra yang dekat dan penting. Kami memiliki minat yang sama untuk memastikan kawasan kami tetap damai dan sejahtera - saya berharap dapat bekerja sama menuju tujuan bersama kami.

Tepat pada Senin 6 Juni 2022, Presiden Joko Widodo dijadwalkan bertemu dengan PM Anthony Albanese baru saja terpilih dalam Pemilu Australia dan dilantik pada 23 Mei lalu. Dia merupakan politisi keturunan Australia-Italia yang dilantik sebagai perdana menteri.

Adapun kunjungan ke Indonesia ini merupakan kunjungan kenegaraan secara resmi pertamanya setelah dilantik sebagai PM Australia. Salah satu topik yang akan dibahas yakni upaya memperkuat kemitraan ekonomi kedua negara setelah pandemi.

Seperti yang banyak diketahui, dalam setiap kesempatan menyambut tamu dari mancanegara atau kunjungan, penampilan perempuan kelahiran 27 November 1962 ini sangat menarik perhatian. Pada beberapa agenda kedinasan biasanya Retno memang menjadikan nuansa monokrom sebagai andalan, sebab warnanya jelas netral.

Seperti belum lama ini pada pertengahan Mei lalu, Retno Marsudi bertemu dengan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken untuk menjelaskan posisi Indonesia yang percaya untuk "menghormati keutuhan wilayah dan kedaulatan suatu negara terhadap negara lain".

Dalam pertemuannya dengan Antony Blinken, Retno mengenakan setelan hitam berupa kemeja dan celana panjang. Namun, agar tdak terlihat plain, ia menyematkan korsase warna abu-abu berbahan organza warna abu-abu di bagian dada sebelah kanan blazer hitam yang dikenakannya.

Alumnus Haagse Hogeschool, Belanda ini memang kerap menyematkan aksen khusus dari hampir setiap pertemuan atau lawatannya ke luar negeri. Sebelumnya, saat menyambut Menteri Luar Negeri Kanada, Melanie Joly, yang berkunjung ke Indonesia dan menemui Presiden Joko Widodo pada Senin, 11 April 2022.

Seperti biasa, Retno Marsudi menyambut tamu dengan gaya fashion statement yang menarik. Begitu pula saat bertemu Melanie Joy, Retno yang gandrung dengan nuansa monokrom, kali ini ia kembali mengenakannya.

Tak lupa brooch warna silver ia taruh di sisi bagian kanan agar semakin anggun. Retno tampil elegan dengan setelan blazer hitam dengan inner warna putih, ada detail unik yang mencuri perhatian karena ia menambahkan obi atau ikat pinggang

Baca: Bertemu Menlu AS, Retno Marsudi Tampil Chic dalam Balutan Blazer dan Korsase