Bertemu Menlu AS, Retno Marsudi Tampil Chic dalam Balutan Blazer dan Korsase

Menlu Indonesia Retno Marsudi saat berbincang dengan Menlu AS Antony Blinken di Departemen Luar Negeri di Washington, AS, 13 Mei 2022. Marsudi menambahkan, AS dan Indonesia adalah mitra strategis dan berharap dapat menggunakan kemitraan ini untuk berkontribusi pada perdamaian dan kemakmuran di kawasan Indo-Pasifik. REUTERS/Shuran Huang/Pool

mode

Bertemu Menlu AS, Retno Marsudi Tampil Chic dalam Balutan Blazer dan Korsase

Sabtu, 14 Mei 2022 14:18 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi bertemu dengan Menter Luar Negeri AS Antony Blinken untuk menjelaskan posisi Indonesia yang percaya untuk "menghormati keutuhan wilayah dan kedaulatan suatu negara terhadap negara lain".

Menlu Retno mengatakan hal itu kepada Blinken dalam kegiatan KTT ASEAN-AS di Washington, "Harapan kami adalah melihat perang di Ukraina berhenti secepat mungkin, dan kami memberikan resolusi damai sebuah kesempatan untuk berhasil," kata Menlu Retno. "Karena kita tahu bahwa jika perang berlanjut, kita semua akan menderita."

Indonesia adalah tuan rumah KTT Kelompok 20 (G-20) pada bulan November dan telah mengundang Presiden Rusia Vladimir Putin, meskipun ada seruan AS untuk mengisolasinya, tetapi dalam sebuah kompromi mengatakan pihaknya juga akan menyambut Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky.

Menlu AS Antony Blinken bertemu dengan Menlu Indonesia Retno Marsudi di Departemen Luar Negeri di Washington, AS, 13 Mei 2022. REUTERS/Shuran Huang/Pool

Pemerintahan Joe Biden telah membuat beberapa kemajuan di Asia Tenggara dalam menentang invasi Rusia, dengan 10 negara ASEAN mendukung atau abstain dalam pemungutan suara kecaman Majelis Umum PBB.

Dalam beberapa foto yang diunggah di via Reuters, penampilan perempuan kelahiran 27 November 1962 ini sangat menarik perhatian. Dalam agenda kedinasan biasanya Retno memang menjadikan nuansa monokrom sebagai andalan, sebab warnanya jelas netral. Namun, kali ini agar tdak terlihat plain, ia menyematkan korsase warna abu-abu berbahan organza di bagian dada sebelah kanan blazer hitam yang dikenakannya. 

Alumnus Haagse Hogeschool, Belanda ini memang kerap menyematkan akses khusus dari hampir setiap pertemuan atau lawatannya ke luar negeri. Sebelumnya, saat menyambut Menteri Luar Negeri Kanada, Melanie Joly, yang berkunjung ke Indonesia dan menemui Presiden Joko Widodo pada Senin, 11 April 2022.

Seperti biasa, Retno Marsudi menyambut tamu dengan gaya fashion statement yang menarik. Begitu pula saat bertemu Melanie Joy, Retno yang gandrung dengan nuansa monokrom, kali ini ia kembali mengenakannya.

Tak lupa brooch warna silver ia taruh di sisi bagian kanan agar semakin anggun. Retno tampil elegan dengan setelan blazer hitam dengan inner warna putih, ada detail unik yang mencuri perhatian karena ia menambahkan obi atau ikat pinggang

Baca: Gaya Retno Marsudi Sambut Menlu Kanada, Setelan Blazer Hitam dan Aksesori Obi