Jelang BTS Comeback Senyum Army Gelar Pameran Seni di Jakarta dan Bandung

Pendiri Senyum Army, Selly Wilson, menggelar pameran seni bertajuk Remedy, di Plaza Indonesia, Jakarta, mulai 6 Juni hingga 4 Agustus 2022. (dok. Istimewa)

ragam

Jelang BTS Comeback Senyum Army Gelar Pameran Seni di Jakarta dan Bandung

Minggu, 5 Juni 2022 06:18 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Yunia Pratiwi

CANTIKA.COM, Jakarta - Bulan Juni bulan istimewa bagi para Army, sebutan fandom grup K-Pop, BTS. Selain rencana comeback mereka pada tanggal 10 Juni, Army seluruh dunia juga merayakan hari jadinya yang ke-9 pada 13 Juni 2022. Sejak tak lagi menerima hadiah, BTS mengajak Army untuk melakukan donasi. Salah satunya seperti yang dilakukan Senyum Army dengan menggelar pameran seni dan berdonasi.

Tahun ini Senyum Army kembali menggelar pameran seni di Jakarta, Bandung, dan Yogyakarta. Seperti tahun 2021, Senyum Army juga kembali berkolaborasi dengan UNICEF Indonesia, kali ini mendukung program Back To School untuk mengembalikan anak-anak yang putus sekolah. Donasi dari sebagian penjualan tiket, booth UNICEF si lokasi pameran, serta crowdfunding.

Pameran seni di Jakarta bertajuk Remedy, yang digelar mulai Senin, 6 Juni hingga 4 Agustus 2022, di Plaza Indonesia. Dalam pameran ini mengajak Army menelusuri 11 ruangan yang terdiri dari instalasi, lukisan, dan video kontemporer yang terinspirasi dari karya BTS dalam Map Of The Soul: Persona dan Map Of The Soul: 7.

Pendiri Senyum Army, Selly Wilson, mengatakan lagu-lagu dalam album tersebut membuatnya bersemangat melalui hari-hari yang berat seperti saat awal pandemi. “Lagu-lagu itu membuat kita bersemangat dengan pesan-pesan di dalamnya,” ujarnya dalam temu media, di Jakarta, Sabtu 4 Juni 2022.

Kata Remedy sendiri diambil dari potongan lirik lagu BTS, Jamais Vu, yang ditampilkan oleh unit khusus Jung Kook, Jin dan J-Hope, dalam album Map of The Soul: 7.

Selly melanjutkan dalam pameran Remedy, dari 11 ruangan masing-masing akan menggabungkan seni instalasi dan lukisan dari lagu-lagu BTS. “Sebenarnya kita buat satu album full, tapi dibuat instalasi dan lukisannya, yang tidak ada instalasinya kita buat lukisannya,” ujarnya. 

Sepatu yang dipakai personel BTS dalam penampilan Black Swan dipamerkan dalam pameran Remedy yang digelar Senyum Army, di Plaza Indonesia, Jakarta, 6 Juni hingga 4 Agustus 2022. (dok. Istimewa)

Dalam salah satu ruang instalasi, Army juga bisa melihat sepatu yang didesain khusus oleh Yuul Yie untuk BTS ketika menampilkan lagu Black Swan. Tak hanya sepatunya, Army juga bisa melihat sketsa desain sepatu masing-masing personel. 

Sedangkan untuk pameran di Bandung akan menghadirkan digital experience lewat video mapping. Pameran bertajuk “Kapan Kita Ketemu?” digelar mulai 9 Juni hingga 10 Juli 2022, di galeri Kala Kini Nanti, berkolaborasi dengan praktisi audio visual Sembilan Matahari. Dalam pameran ini Army bisa menonton konser BTS melalui pertunjukan audio visual.

“Project di Bandung itu curhatan aku, sudah hampir 6 tahun suka BTS tapi belum pernah nonton konser BTS secara langsung,” ujar Selly yang mengaku jadwalnya selalu tidak tepat dengan konser BTS.

Salah satu instalasi seni yang ditampilkan dalam pameran Remedy yang digelar oleh Senyum Army, di Plaza Indonesia, Jakarta. (dok. Istimewa)

Dia menambahkan konten digital yang dibuat mapping dalam pameran itu dari fancam anggota Senyum Army yang menonton langsung konser BTS. “Teman-teman Army yang belum pernah menonton konser BTS langsung bisa datang untuk merasakan experience-nya,” ujar Selly. 

Sementara untuk pameran seni di Yogyakarta akan digelar bulan Juli 2022, bertepatan dengan ulang tahun Army. Pameran kali ini terinspirasi dari setiap lagu solo para member BTS. Detail lebih lanjut akan diumumkan lewat akun media sosial Senyum Army. 

Buat Army yang tak sabar ingin "bertemu" idolanya, Anda bisa membeli tiket pameran Remedy dan Kapan Kita Ketemu? melalui Go Tix atau Livin by Mandiri. Untuk pameran Remedy, setiap hari akan dibatasi untuk maksimal 150 pengunjung. Setiap pengunjung memiliki waktu selama 2,5 di dalam lokasi dan jangan lupa untuk tetap memakai masker.

Baca juga: BTS Army Indonesia Gelar Vaksinasi Covid-19, Bawa Pesan Saling Melindungi