Gaun Penobatan Ratu Elizabeth II 69 Tahun Lalu Bakal Dipamerkan, Intip Detailnya

Gaun penobatan Ratu Elizabeth II pada 2 Juni 1953. Foto: Instagram/@royalcollectiontrust

mode

Gaun Penobatan Ratu Elizabeth II 69 Tahun Lalu Bakal Dipamerkan, Intip Detailnya

Sabtu, 28 Mei 2022 20:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Untuk menghormati Platinum Jubilee Ratu Elizabeth II, 70 tahun bertakhta, gaun penobatannya akan dipamerkan. Gaun yang dikenakan nenek Pangeran William dan Pangeran Harry saat penobatan pada 2 Juni 1953 itu akan ditampilkan sebagai bagian dari pameran Platinum Jubilee khusus di Kastil Windsor dari 7 Juli 2022 hingga 26 September 2022.

Gaun rancangan Sir Norman Hartnell itu terbuat dari baha satin putih bangsawan terbaik, disulam dengan indah dalam efek kisi-kisi. Gaun tersebut juga dihiasi dengan lambang bunga, dibuat dari benang emas dan perak dan sutra pastel, bertakhtakan mutiara, manik-manik dan kristal — menandakan negara-negara Inggris dan Persemakmuran.

Tanpa sepengetahuan Ratu, Hartnell memasukkan shamrock berdaun empat ekstra di sisi kiri rok, yang diposisikan sempurna saat tangan Yang Mulia diletakkan di atasnya selama upacara.

The Robe of Estate alias jubah yang ia kenakan di atas gaunnya selama upacara, juga akan dipajang. Robe of Estate yang megah dibuat oleh pembuat jubah kerajaan Ede dan Ravenscroft dan mengambil 12 sulaman, menggunakan 18 jenis benang emas yang berbeda. Pembuatannya membutuhkan lebih dari 3.500 jam, dari Maret hingga Mei 1953.

Menurut Royal Collection, para pengrajin menggunakan beludru sutra ungu dan desain bordir emas menampilkan batang gandum dan cabang zaitun, melambangkan kemakmuran dan kedamaian, mengelilingi cipher EIIR yang saling terkait.

Meskipun Elizabeth naik takhta sebagai putri muda berusia 25 tahun pada 6 Februari 1952, segera setelah mendengar kematian ayahnya, Raja George VI, baru 16 bulan kemudian pada 2 Juni 1953, dia dimahkotai.

Menjelang perayaan Platinum Jubilee-nya, Ratu Elizabeth II diketahui sedang bersantai di perkebunan Balmoral, Skotlandia. Ia berharap bisa menghadiri beberapa acara penting yang diadakan untuk menghormatinya.

Baca juga: Memori Manis di Balik Bros Safir Ratu Elizabeth II saat Pidato Natal 2021

PEOPLE