4 Masalah Utama Pasangan Muda, dari Soal Keuangan Hingga Kecemburuan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi pasangan bertengkar. shutterstock.com

Ilustrasi pasangan bertengkar. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Setiap pasangan muda pasti memiliki masalahnya masing-masing. Institusi riset Alvara dan Viu memiliki survei yang mengungkapkan persoalan-persoalan yang dialami oleh pasangan muda saat ini. Survei ini terinspirasi dari respon pecinta drama Viu Original Assalamualaikum Calon Imam 2 yang menghadirkan konflik rumah tangga pasangan muda, Dr. Alif (Miller Khan) dan Fisya (Mentari De Marelle). Pasangan ini menghadapi badai rumah tangga dengan sejumlah persoalan yang melibatkan orang-orang terdekat. “Drama ini merupakan cerminan persoalan pasangan muda secara umum di Indonesia, tentang keluarga baru yang harus berhadapan dengan konflik rumahtangga dan karier,” ujar Indra Gunawan, sutradara Assalamualaikum Calon Imam 2 dalam keterangan pers yang diterima Cantika pada 24 Mei 2022.

Survei yang melibatkan lebih dari 600 responden diambil dari kota-kota berikut di Indonesia, yaitu Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, Banjarmasin dan Makassar. Para responden pun berasal dari pasangan muda yang berusia 20 – 35 tahun ini mengakui empat masalah utama mereka. Keempat konflik itu adalah perbedaan pendapat (31,4 persen), persoalan keuangan (27,1 persen), perilaku (23,4 persen) dan kecemburuan (20,9 persen). Mereka bahkan menyatakan bahwa bantuan penasehat pernikahan sangat dibutuhkan untuk mengatasi masalah-masalah tersebut.

Ilustrasi film Assalamualaikum Calon Imam Season 2/Viu Original

Yang menarik, temuan ini juga mengungkap bahwa konflik perbedaan pendapat banyak dialami pasangan yang belum memiliki anak. Sementara persoalan keuangan lebih banyak dialami pada pasangan yang sudah memiliki anak.

survei ini juga menanyakan perilaku yang membuat hubungan pernikahan berakhir. Hasilnya, 46,2 persen responden mengaku bahwa perselingkuhan adalah akhir dari segalanya. Hanya 19,1 persen yang menjawab perilaku suka memukul atau tindakan kekerasan.

Lalu, apakah yang membuat pernikahan semakin kuat? Survei tersebut menyebutkan sebanyak 35 persen responden menjawab saling menghargai satu sama lain dan diikuti menjaga komitmen pernikahan (26,3 persen). Jawaban lain sebanyak 16,3 persen menyebutkan bahwa sabar dan mengalah menempati posisi ketiga.

Peran Teman Dekat

Respon para pecinta drama terhadap drama ini memang luar biasa. Setelah sukses dengan berbagai penghargaan internasional di season pertama, drama Assalamualaikum Calon Imam 2 telah ditonton 2 Juta kali di Viu hanya dalam waktu kurang dari satu bulan. Para penonton pun sempat meramaikan tagar #AssalamualaikumCalonImam2diViu dan menjadi trending topic di Twitter.

Drama ini didukung oleh Roy Sungkono, Marthino Lio, Rizky Alatas dan Kezia Aletheia. Akting Fergie Bethany juga mendapat pujian dari para pecinta drama atas perannya sebagai teman dekat Fisya.

Berdasarkan survei Alvara dan Viu, wanita memang memiliki saluran menceritakan masalah pernikahan dibandingkan pria. Pria hanya memiliki tujuh saluran, sementara wanita memiliki 12 saluran. Para responden mengakui bahwa mereka mengadukan persoalan rumah tangga kepada orangtua (42,8 persen), Yang Maha Kuasa (35 persen), dan teman (30,6 persen).

Baca: 10 Sebab Pasangan Muda Ogah Menikah

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."