Siap Menerjang Arus Balik Mudik, Perhatikan Tips Keamanan Ini

Sejumlah kendaraan pemudik antre untuk naik ke atas KMP Batu Mandi di dermaga Eksekutif, Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Lampung, Kamis 5 Mei 2022. Pada H+2 Lebaran sebanyak 14.836 kendaran menggunakan jasa angkutan kapal laut menyeberang ke Pulau Jawa, Kementerian Perhubungan memperkirakan puncak arus balik Lebaran 2022 akan terjadi pada 6-8 Mei 2022. ANTARA FOTO/Ardiansyah

ragam

Siap Menerjang Arus Balik Mudik, Perhatikan Tips Keamanan Ini

Jumat, 6 Mei 2022 11:07 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Mitra Tarigan

CANTIKA.COM, Jakarta - Lebaran 2022 dirayakan orang dengan mengunjungi keluarga mereka di kampung halaman. Semarak perayaan Hari Raya Idul Fitri pun lebih meriah. Kini arus balik mudik pun tiba. Persiapan perjalanan untuk kembali ke rumah pun harus diperhatikan. Pastikan Anda telah mempersiapkan kondisi kendaraan supaya tetap prima saat melakukan perjalanan dan bersilaturahmi di kampung halaman. Untuk melengkapi kebutuhan otomotif, Lazada memiliki Pojok Otomotif, yaitu kanal khusus produk-produk otomotif yang menggandeng seller dan UMKM lokal, untuk memberikan produk dan servis berkualitas baik untuk mobil maupun motor dengan harga terjangkau.

Simak beberapa tips dari tim Pojok Otomotif Lazada dan Sony Susmana, Director Training, Safety Defensive Consultant (SDCI) untuk mudik yang aman dan nyaman agar kita dapat menjaga keselamatan dan kesehatan selama melangsungkan perjalanan nantinya. Mulai dari kondisi kendaraan hingga bekal makanan.

1. Cek kondisi kendaraan, pastikan dalam keadaan baik sebelum digunakan

Sebelum kamu menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan rental saat arus balik, pastikan kondisi kendaraan dalam keadaan prima sehingga siap menempuh perjalanan jauh dan terhindar dari bahaya. Ini bisa kamu lakukan sendiri atau dengan bantuan tenaga profesional. Ada beberapa hal yang harus kamu cek dan persiapkan secara teliti; dari lampu mobil, kondisi ban dan tekanan ban, termasuk juga untuk ban cadangan, minyak rem dan sepatu rem, level air aki yang mencukupi, sampai ke air radiator dan selang radiator.

Sony Susmana mengatakan ketika mudik, kendaraan harus dipersiapkan secara matang. Penting sekali memastikan seluruh komponen dan suku cadang mobil dalam kondisi yang baik untuk meminimalisir terjadinya kerusakan di tengah perjalanan mudik. "Pastikan kalau masa pakai komponen ini sudah habis, sebaiknya diganti, karena kita membutuhkan kendaraan dalam keadaan prima. Saya menyarankan untuk menyerahkan kepada bengkel atau mekanik untuk melakukan pengecekan kembali kondisi kendaraan dan melakukan perbaikan jika diperlukan,”. Jangan lupa juga untuk membawa beberapa barang berikut sebagai cadangan untuk membantu kamu ketika dalam keadaan darurat, seperti air coolant, air aki dan wiper fluid. Semua ini dapat kamu temukan di Pojok Otomotif Lazada.

Setelah kamu memastikan kondisi kendaraan kamu, ada juga beberapa items yang direkomendasikan untuk selalu ada di kendaraan kamu, seperti dongkrak, alat pengukur tekanan ban, portable kompresor, APAR, dan kotak p3k - pastikan tanggal kadaluarsa semua obat.

Jika semua persiapan sudah matang namun tetap terjadi kondisi darurat seperti mogok di jalan karena kekurangan aki, jangan khawatir, untuk kendaraan darurat kamu bisa cek toko Shop and Drive di aplikasi Lazada, yang memberikan layanan Battery Home Delivery 24 jam. Shop and Drive memiliki 370 cabang di kota-kota besar yang bisa membantu kamu saat mengalami kendala di jalan.

Nah sebelum melakukan perjalanan, kamu juga harus membuat rencana perjalanan kamu. Cek dan pelajari rute perjalanan yang akan ditempuh dan periksa juga lokasi beberapa fasilitas kesehatan, SPBU, tempat istirahat, hingga restoran di sepanjang rute perjalanan. Semua informasi ini sebaiknya kamu komunikasikan dengan penumpang lainnya.

2. Selain kondisi mobil, perhatikan juga kondisi dan kesehatan badan kita.

Ada banyak hal yang bisa terjadi saat arus balik. Pastikan kalau kamu pun dalam kondisi sehat. Lakukan banyak istirahat yang cukup, makan makanan bergizi, dan mengkonsumsi vitamin serta suplemen yang cukup agar kondisi badan tetap sehat dan stamina kita terjaga saat berkendara di waktu mudik. “Selama perjalanan mudik dan arus balik, kita akan menempuh waktu yang cukup panjang, sehingga pastinya akan menguras tenaga kita. Jadi, pastikan jangan memaksakan diri untuk terus mengemudi. Agar kondisi badan tetap optimal, disarankan untuk beristirahat selama 15 menit setiap 3 jam untuk mengembalikan kesegaran kondisi fisik dan psikis,” katanya.

Jangan lupa untuk menyiapkan obat-obatan sederhana untuk selama perjalanan yang sesuai dengan kondisi kesehatan kamu, seperti obat anti mual, sakit kepala dan diare. Siapkan juga aneka vitamin pendukung untuk menunjang performa tubuh selama melakukan perjalanan mudik.

Tambahan tip supaya perjalanan kamu tetap nyaman mengemudi dengan mengenakan pakaian dan sepatu yang nyaman, kacamata hitam supaya mata tetap nyaman, dan pastikan untuk mengoleskan tabir surya pada lengan dan kaki agar tidak terbakar sinar matahari meskipun berada dalam mobil. Kamu juga bisa menggunakan sunscreen atau sunshade pada setiap kaca mobil kamu untuk mengurangi sinar matahari yang masuk ke dalam kendaraan kamu.

3. Membawa makanan bekal yang sesuai kebutuhan

Persiapan bekal makanan yang tepat sangatlah penting untuk menunjang kemudahan dan kelancaran perjalananmu, apalagi jika melakukan perjalanan jauh. Walaupun kamu mudik dalam keadaan berpuasa, bekal makanan ini untuk berjaga-jaga ketika harus berbuka puasa di jalan. Kuncinya adalah menyiapkan jenis makanan yang praktis, tahan lama, tidak mudah basi dan mudah untuk dikonsumsi pada saat perjalanan. Disarankan untuk membawa makanan kering, yang digoreng, dan punya tekstur kering, karena selain mudah untuk dikemas, jenis makanan ini lebih tahan lama hingga sehari semalam. Kamu juga bisa menyiapkan beberapa tipe cemilan, seperti coklat, biskuit atau wafer. Pastikan kamu juga menyiapkan tempat storage yang pas dan cukup untuk menyimpan makanan dan cemilan yang kamu bawa selama perjalanan.

Baca: 5 Tips Mudik Aman dan Nyaman, Pilih Moda Transportasi Terbaik