Jangan Kalap Makan Hidangan Lebaran, Ini Porsi yang Dianjurkan Dokter Gizi

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi Ketupat. shutterstock.com

Ilustrasi Ketupat. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Salah satu kunci menjaga kesehatan saat menyantap aneka hidangan Lebaran adalah mengatur porsi. Tujuannya menghindari masalah kesehatan seperti kadar kolesterol jahat naik ataupun sembelit.

Dokter Spesialis Gizi Klinik Konsultan Nutrisi pada Kelainan Metabolisme Gizi dr. Ida Gunawan, M.S, Sp.GK, M.Kes (K), FINEM dari RS Pondok Indah - Puri Indah pertama-tama menyarankan Anda membagi isi piring, yakni setengah piring dengan sayuran dan buah beraneka ragam warna.

Sayuran dan buah mengandung serat yang harus Anda konsumsi dalam porsi seimbang. Hal ini mengingat seringkali hidangan Lebaran didominasi kandungan lemak, gula, dan garam.

"Makanya setengah piring isinya sayur dan buah, supaya komposisi serat dan antioksidan tercukupi," kata dia.

Setelahnya, isi seperempat piring atau setara 45-65 persen dengan karbohidrat, semisal nasi, ketupat, mi, kentang atau bihun. Ida mengingatkan Anda sebaiknya tak memilih sumber karbohidrat dengan kandungan gula tinggi.

Selanjutnya, sisa seperempat lainnya bisa Anda isi dengan lauk-lauk yakni protein seperti daging, ikan, telur atau sumber nabati misalnya tahu dan tempe.

"Protein bisa daging yang lemaknya tidak terlalu banyak, ikan, telur boleh tetapi jumlahnya jangan berlebihan," ujar Ida.

Lalu bagaimana dengan santan? Ida menyarankan Anda tak banyak mengambil makanan bersantan ke dalam piring makanan Anda. Pada menu rendang misalnya, Anda bisa mengambil daging rendang tanpa harus berlebihan mengambil bumbunya. Begitu pula dengan sayuran dengan kuah santan.

"Kita jangan menambahkan santan ke dalam menu makanan kita, jadi cukup sayuran saja yang diambil yang pasti di situ sudah menempel yang namanya kuah-kuah santannya. Cukup dimakan sayurannya saja bersama ketupatnya atau bersama rendangnya, tetapi dagingnya saja. Bumbu rendangnya hanya sudah tercampur saja," imbaunya.

Jangan lupakan kiat-kiat di atas, ya, saat menyantap aneka hidangan Lebaran di rumah ataupun bertamu di rumah sanak saudara.

Baca juga: Tips Agar Tetap Sehat Setelah Menyantap Hidangan Lebaran Penuh Santan dan Lemak

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."