Tak Melulu Nastar dan Kastengel, Deretan Kue Lebaran Ini Tak Kalah Jadi Idola

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi lidah kucing. Shutterstock

Ilustrasi lidah kucing. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Memasuki pekan terakhir bulan Ramadan, ide membuat atau membeli kue Lebaran sebagai salah satu tradisi Hari Raya Idul Fitri tentu disambut sukacita. Terlebih, variasi kue kering tidak hanya didominasi oleh nastar dan kastengel yang kerap menjadi primadona dan tak alpa mengisi meja sajian.

Lantas bagaimana dengan jenis kue kering lainnya? Tentu saja punya penggemarnya masing-masing. Sebut saja ada lidah kucing, sagu keju, kue kelapa, putri salju, kue kacang, dan masih banyak lainnya yang bisa memeriahkan hidangan kue kering Lebaran.

Begitu pula dengan pengakuan warganet yang dihimpun oleh Cantika berikut ini mengatakan lebih menyukai kue kering lain ketimbang nastar atau kastengel.

Seperti dikatakan oleh Jihan yang lebih memilih lidah kucing, menurut dia kalau perpaduan tepung, telur, manis lebih disukainya jadi mirip dengan biskuit luar. Begitu pula dengan tampilan fisik kue lebih terasa lidah kucing karena krispy, manis, dan ada asinnya sedikit. Senada dengan Jihan, Sabrina juga lebih menyukai lidah kucing karena rasanya yang lebih ringan di mulut daripada kue jenis lainnya.

Kreasi nastar (ananas tart) buatan Fatmah Bahalwan, pendiri Komunitas Kuliner Natural Cooking Club (Dok. pribadi)

Selain Lidah Kucing ada pula penggemar sagu keju, seperti yang dikatakan oleh Primadini. "Kalau aku lebih suka sagu keju, rasanya berbeda dengan nastar karena nggak bikin eneg," ucapnya melalui pesan instan. Sagu keju juga menjadi pilihan Annisa yang menurut dia rasanya gurih manis, tetapi tidak berlebihan.

Berbicara kue klasik Lebaran, tak lengkap kalau tidak menyebut kue kacang yang juga punya penggemarnya. Salah satunya ada kristin yang memilih kue kacang karena rasanya lembut dan garing. "Perpaduan gurih, manis, dan ada tambahan butter begitu jadi enak banget," ucapnya melalui pesan instan.

Begitu pula dengan kue putri salju yang juga memiliki penggemar sendiri, seperti Wulan yang mengatakan jika sebenernya kasta tertinggi adalah nastar, tetapi dia lebih menyukai putri salju karena ada sensasi gula dinginnya dan bentuknya seperti bulan sabit. Sedikit lebih modern ada pula warganet yang menyukai cheese button cookies, yakni kue kering yang di atasnya ada topping coklat. "Rasanya mau ngabisin aja, karena bosan kalau cuma nastar dan kastengel," ucap Rahma.

Ilustrasi kue putri salju. Shutterstock

Penyuka kue tradisional juga ada lho, misalnya Irnia asal Jember ternyata punya kue favorit yaitu kue kelapa kering yang rasanya manis ditingkahi tekstur kelapa kering. Irnia mengatakan bahan kuenya antara lain dari parutan kelapa, terigu, gula pasir, pengembang, susu, dan minyak goreng. Setelah disatukan lalu dipanggang. Ada pula Ambar yang juga lebih menyukai rengginang karena gurih dan kriuknya tak ada yang menandingi.

Nah, kalau Sahabat Cantika lebih suka kue Lebaran yang mana? Jangan lupa cek kalorinya juga, ya. 

Baca: Jaga Silaturahmi dan Kesehatan di Masa Pandemi dengan Kue Lebaran Sehat

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."