Tips Buat Es Latte dengan Bahan Sederhana

Ilustrasi es kopi latte/ANTARA

kuliner

Tips Buat Es Latte dengan Bahan Sederhana

Rabu, 20 April 2022 06:25 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Mitra Tarigan

CANTIKA.COM, Jakarta - Professional Barista sekaligus Coffee Enthusiast Robby Firlian memberikan resep sederhana bagi Anda yang ingin membuat es latte kekinian di rumah hanya dengan tiga bahan.

Ketiga bahan ini yakni ice cube hingga memenuhi gelas (10 buah), 120 ml susu (OMELA Foaming Milk Professional) dan espresso (single atau double shot sesuai selera). "40 mililiter untuk espresso yang double, kalau espresso yang single 20 militer. Ketiga bahan itu dicampurkan ke dalam satu gelas, jadilah es latte," kata juara nasional Latte Art Championship (ILAC) 2018 itu dalam konferensi pers virtual pertengahan April 2022.

Dalam kesempatan itu, Marketing Director, PT Frisian Flag Indonesia Felicia Julian, berpendapat khusus untuk sajian cappucino dan latte, maka susu dan foam atau busa menjadi bahan yang dibutuhkan demi menghasikan sebuah kopi yang nikmat sekaligus cantik. Dia meyakini produk terbarunya yakni OMELA Foaming Milk for Professional bisa menghasilkan foam yang tebal, berkilau, lembut dan tahan lama. "Ketahanan busa menurut tes di internal kitchen kami bisa sampai 30 menit. Produk ini dijadikan campuran, sehingga dipastikan blend antara rasa kopi dan susu ideal," kata dia.

Untuk menghasilkan busa yang optimal yakni tebal dan stiff, maka akan sangat ideal, menurut Felicia, bila produknya ditaruh lemari pendingin bersuhu 4 derajat Celcius selama beberapa lama sebelum digunakan. "Jadi saat keluar dia dingin. Setelah dipakai dimasukkan lagi ke lemari es," kata Felicia.

Professional Barista sekaligus Coffee Enthusiast Robby Firlian dalam peluncuran Omela/Frisian Flag

Berbicara tren usaha bidang kopi, menurut dia, para pelaku usaha kopi sebaiknya bisa menghasilkan produk yang tak hanya sekedar nikmat tetapi juga terlihat cantik, seiring tren usaha bidang kopi yang semakin tinggi. "Saya lihat ini bukan sekedar tren sesaat tetapi kopi sudah menjadi kebutuhan sehingga untuk memenuhi kebutuhan tersebut, pelaku industri harus giat mencari inovasi untuk bisa mengembangkan bisnis mereka," kata dia.

Berbagai racikan kopi kekinian dengan tambahan susu semakin digemari oleh masyarakat Indonesia. Mulai dari latte, cappuccino, atau flat white kian mendapat tempat di hati konsumen dari berbagai kalangan. Tidak heran jika fenomena ini menjadi daya tarik bisnis bagi banyak orang, termasuk para pengusaha dan barista dari kalangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Namun selayaknya bisnis, pengusaha dan barista kopi kekinian juga mengalami tantangan tersendiri berupa tuntutan pemenuhan bahan baku susu berkualitas, jangka waktu penyimpanan susu yang terbatas, hingga dari segi harga yang harus dikeluarkan untuk memberikan racikan kopi yang nikmat.

Menurut Robby Firlian, inovasi terbaru dari Frisian Flag Indonesia ini adalah pilihan tepat untuk pelaku bisnis kopi kekinian yang ingin beralih ke foaming milk dengan kualitas yang sangat baik sekaligus memberikan efisiensi dalam operasional bisnis. Susu itu bisa menjadi solusi yang pas untuk memberikan kualitas racikan kopi kekinian dengan tambahan susu sekaligus solusi yang pas untuk operasional bisnis karena OMELA Foaming Milk Professional memiliki masa simpan yang lebih panjang, hingga 9 bulan. "Perpaduan rasa yang pas antara medium sweet dan medium creamy, serta tekstur foam yang stabil, silky, dan lembut sangat cocok untuk pasar konsumen light coffee drinker,” kata Robby.

Baca: Menu Buka Puasa Hari Ini, Coba Resep Green Tea LatteANTARA