Manfaat Primer Makeup dan Cara Memilihnya untuk Setiap Jenis Kulit

Ilustrasi makeup. Unsplash.com

kecantikan

Manfaat Primer Makeup dan Cara Memilihnya untuk Setiap Jenis Kulit

Senin, 18 April 2022 19:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Kelembapan ekstra di udara bisa menyebabkan lebih banyak berkeringat, sehingga membuat riasan sulit menempel di tempatnya. Temperatur yang panas juga dapat menyebabkan produksi minyak ekstra di kulit, yang dapat menghancurkan bahkan alas bedak yang paling sempurna. Untuk mencegah hal itu terjadi, primer makeup jadi solusinya, menurut penata rias selebriti.

Bagi mereka, penggunaan primer dapat mempertahankan riasan pada tempatnya sepanjang hari sekalligus menghaluskan kulit.

Manfaat primer makeup

Menurut Lori Taylor Davis, artis utama global di Smashbox, primer makeup dirancang untuk memperpanjang keausan riasan dan memperbaiki kulit dari waktu ke waktu." Bergantung pada formulasinya, primer dapat digunakan sebagai produk two in one, yaitu menahan riasan pada tempatnya dan mengatasi masalah kulit.

Sementara primer disukai karena kemampuannya untuk menjaga riasan sepanjang hari, Davis mengatakan bahwa Anda dapat menemukan formula yang juga bekerja di belakang layar untuk memperbaiki masalah kulit. Tergantung pada apa yang Anda cari, dia mengatakan Anda dapat menemukan formulasi yang mattify untuk mengontrol minyak, membantu membuat kulit bercahaya dan kulit lebih cerah, meminimalkan pori-pori untuk tekstur halus, kulit montok, dan melembapkan.

Terlebih lagi, primer juga dapat menambahkan semacam pancaran cahaya dari dalam ke penampilan Anda. "Sebuah primer yang mencerahkan dapat membuat perbedaan yang bagus dalam penampilan kulit kusam atau pucat," kata Jenny Patinkin, penata rias, ahli kecantikan, dan penulis Lazy Perfection.

"Anda menggunakannya di bawah riasan Anda, tetapi itu memberikan cahaya yang cukup sehingga Anda tidak bisa menggunakan highlighter di atasnya."

Primer juga dapat membuat wajah Anda lebih halus dalam penampilan. "Saya rasa mereka berguna bagi mereka yang tidak ingin tampilan wajah terlalu tebal, tetapi menginginkan kulit wajah yang lebih halus," kata Molly R. Stern, penata rias selebriti.

"Primer bagus untuk orang-orang yang memiliki pori-pori besar dan menemukan foundation mereka menempel di kulit." Patinkin juga mencatat kekuatan menghaluskannya. "Primer memiliki konsistensi yang sangat halus yang dapat mengaburkan tampilan garis dan pori-pori," katanya.

Kapan Anda harus menggunakan primer makeup?

“Musim panas adalah waktu terbaik untuk memakai primer,” kata Davis. “Primer dapat membantu menjaga riasan atau makeup tetap pada tempatnya dari kelembapan dan panas musim panas.” Dengan menambahkan langkah ini ke rutinitas riasan Anda, Anda membantu kulit mempersiapkan riasan dan mempertahankan produk, menghasilkan tampilan yang bertahan sepanjang hari.

Tapi, menurut penata rias selebriti Delina Medhin, Anda tidak perlu mengucapkan selamat tinggal pada primer Anda saat cuaca mulai dingin. Dia mengatakan primer dapat digunakan sepanjang tahun, dan kliennya biasanya meminta mereka untuk acara dan acara khusus di mana mereka membutuhkan riasan bertahan selama berjam-jam.

Cara memilih primer makeup

Ketika memilih primer untuk memenuhi kebutuhan Anda, langkah pertama adalah memahami jenis kulit Anda. “Pikirkan tentang apa yang dibutuhkan kulit Anda untuk membantu riasan Anda bertahan lebih lama,” kata Medhin. “Jika kulit Anda kering, Anda menginginkan primer yang menghidrasi. Jika kulit Anda berminyak, Anda menginginkan primer mattifying.”

Primer makeup untuk kulit kering

Bagi pemilik kulit kering, Davis mengatakan pentingnya untuk mencari kandungan yang menghidrasi dalam primer, yaitu asam hialuronat. Patinkin merekomendasikan untuk menggunakan yang mengandung antioksidan, asam lemak, dan bahan pencerah seperti minyak jojoba ringan atau asam hialuronat.

"Jika Anda menggunakan bahan-bahan bergizi seperti itu, itu akan membantu mencegah riasan meresap dan memudar di siang hari, dan itu membuat riasan terlihat segar karena tidak menguap secepat pelembap berbasis air. "

Primer makeup untuk kulit berminyak

“Bila Anda memiliki kulit berminyak, primer kulit bisa menjadi produk yang bagus untuk membantu riasan Anda bertahan lama,” jelas Medhin. Rekomendasinya adalah mencari primer yang membuat kulit menjadi matte yang mengandung gliserin untuk membantu memperkuat penghalang kulit dan mengurangi produksi minyak.

"Sebuah primer silikon menarik dan menyerap minyak seperti spons," kata Patinkin. "Ini menciptakan penghalang antara kulit dan riasan Anda, sehingga minyak tidak dapat muncul ke permukaan, kilau berkurang, dan waktu keausan ditingkatkan."

Namun, satu hal yang perlu diingat adalah bahwa meskipun silikon sangat bagus untuk menyerap minyak, silikon dapat mengiritasi beberapa jenis kulit.

"Masalahnya adalah silikon bisa mengiritasi kulit, menyumbat pori-pori, dan berpotensi memicu jerawat," jelas Patinkin. "Itu juga tidak cocok dengan produk berbasis air, menyebabkan mereka menjadi pil di kulit." Jika Anda memiliki kulit berminyak yang sensitif, Anda sebaiknya memilih primer berbasis air.

Primer makeup untuk kulit Kusam

Primer makeup iluminasi menawarkan cara satu langkah yang mudah untuk mencerahkan kulit kusam. Mereka menambahkan cahaya luminescent di bawah alas bedak Anda tanpa membuat kulit Anda terlihat berkilau atau shimmery—hampir seolah-olah Anda memancarkan cahaya. 

Baca juga: Cara Pakai dan Manfaat Bedak Tabur Agar Tampilan Makeup Tahan Lama

WELL AND GOOD