4 Cara Tetap Sehat Saat Puasa Ramadan

Philips Airfryer/Philips

kesehatan

4 Cara Tetap Sehat Saat Puasa Ramadan

Kamis, 14 April 2022 21:30 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Mitra Tarigan

CANTIKA.COM, JakartaRamadan selalu menjadi momen spesial bagi umat muslim di Indonesia. Mereka yang menjalankan ibadah puasa umumnya lebih fokus beribadah dan menghabiskan waktu bersama dengan orang-orang terkasih. Meski penerapan pembatasan terkait pandemi sudah melunak, menjaga untuk sehat dan aman selama bulan puasa tetap menjadi tantangan bagi sebagian orang.

Menerapkan kebiasaan makan dan tidur yang sehat selama Ramadan adalah hal yang penting. Makanan saat sahur harus lengkap dan bergizi, yang praktis dan mudah disiapkan, daripada memanaskan makanan atau memesan makanan siap santap. Prinsip yang sama berlaku untuk makanan berbuka.

Presiden Direktur Philips Domestic Appliances Indonesia, Danny H Hadhyan, mengatakan selain menjalankan ibadah, berpuasa dianggap sebagai praktik untuk hidup yang lebih sehat selama mereka mengonsumsi makanan sehat yang seimbang, tidur yang berkualitas, dan berolahraga secara teratur. "Kami memahami bahwa masyarakat yang menjalankan ibadah puasa, ingin menunaikan kewajiban agama mereka selama Ramadan tanpa harus repot menyiapkan makanan yang sehat. Philips Domestic Appliances bertujuan untuk menghadirkan inovasi peralatan dapur dan perawatan udara untuk mendukung dan memudahkan aktivitas mereka di rumah selama Ramadan,” kata Danny H Hadhyan dalam keterangan pers yang diterima Cantika pada awal April 2022.

Berikut empat cara tetap sehat saat puasa:

1. Tetap terhidrasi

Penting sekali agar setiap muslim minum 8-10 gelas air setiap hari saat menjalani puasa. Anda juga sebaiknya membatasi asupan kafein seperti kopi dan teh.

2. Makan secukupnya

Mengkonsumsi asupan seimbang saat sahur, buka puasa dan makan malam pun sebaiknya diperhatikan. Pada saat sahur, Anda bisa mengkonsumsi buah segar yang mengandung air. Anda pun bisa memastikan makanan yang Anda tinggi protein dan serat. Terakhir, penting pula untuk mengatur agar makanan Anda tidak terlalu manis atau asin.

Untuk waktu puasa, Anda juga perlu berbuka dengan air putih. Anda pun bisa mendapatkan asupan gula alami dengan minum jus atau makan kurma sebelum menyantap makanan berat saat makan malam.

Philips memiliki beberapa perlengkapan yang bisa membantu Anda persiapan memasak makanan untuk sahur dan buka puasa. Philips Airfryer bisa digunakan untuk menggoreng dengan menggunakan udara panas untuk memasak tanpa minyak. Memasak protein apa pun (daging, tahu, tempe) juga dapat dipastikan matang tepat waktu, karena dilengkapi pengatur waktu yang memungkinkan airfryer untuk menghasilkan makanan yang matang merata dengan sekali masak – tanpa perlu mengulang.

Ada pula penanak nasi Philips Fuzzy Logic Digital yang bisa siapkan nasi hangat siap setiap saat. Dengan program multi fungsinya alat itu juga dapat digunakan untuk memasak hidangan lainnya seperti sop untuk sahur maupun berbuka puasa.

Banyak ahli gizi yang menyarankan untuk mengawali buka puasa dengan makanan dan minuman yang mengandung gula alami, sehingga jus buah merupakan pilihan yang terbaik. Philips Blender Core seri 5000 menggunakan teknologi ProBlend mampu melumatkan 40 persen lebih halus, menghasilkan tampilan jus yang menyegarkan dan estetis.

Ada pula inspirasi menu, info nutrisi atau menghitung kalori dalam aplikasi Philips NutriU. Aplikasi itu akan memudahkan dalam menyusun pola makan sehat selama Ramadan, menggunakan beragam resep, tips, dan rekomendasi yang menggabungkan fungsionalitas fitur-fitur yang terdapat pada peralatan dapur Philips.

Seri Philips Air Purifier/Philips

3. Tidur yang cukup

Waktu istirahat tidak boleh dianggap main-main. Anda juga sangat perlu mendapatkan tidur yang berkualitas. Anda juga bisa melakukan tidur siang selama 20 menit untuk mengembalikan energi. Buatlah suasana tidur Anda nyaman, dan terapkan pola makan yang sehat.

Selain mengonsumsi, Anda juga perlu mendapatkan cukup tidur yang berkualitas di ruangan yang berventilasi baik, bebas dari berbagai bentuk polutan, alergen, bakteri dan virus – juga penting. "Kami ingin memastikan bahwa masyarakat yang sedang menjalankan ibadah puasa dapat menghirup udara bersih saat mereka salat, membaca Al-Quran, berdzikir maupun beristirahat di dalam ruangan,” kata Danny.

Seri Philips Air Purifier dilengkapi dengan AeraSense dan filtrasi tiga lapis yang terdiri dari NanoProtect HEPA, karbon aktif dan pra-filter yang dapat menyaring 99,97 persen partikel ultra-halus sekecil 0,003 mikron dan menghilangkan 99,9 persen virus dari udara. Untuk mendapatkan tidur malam atau tidur siang yang nyenyak, moda Sleep pada lampu layar diredupkan, dan alat pemurni udara tersebut akan beroperasi dengan hampir tanpa suara, untuk membantu mereka beristirahat dengan lebih baik. 

4. Olahraga

Olahraga sering dianggap remeh. Banyak orang yang melewatkan kegiatan olahraga karena berbagai alasan di Bulan Ramadan. Padahal agar bisa tetap fit, Anda bisa melakukan olahraga ringan di malam hari, namun tentu saja Anda perlu menghitung durasi jarak antara waktu selesai olahraga dengan waktu tidur.

Baca: Percantik Ruangan di Suasana Ramadan dan Hari Raya dengan Lampu Pintar