4 Alasan Kamu Wajib Nonton Drakor Our Blues

Shin Min Ah menjadi seorang ibu di drama Our Blues. Dok. Netflix.

ragam

4 Alasan Kamu Wajib Nonton Drakor Our Blues

Rabu, 13 April 2022 23:15 WIB
Reporter : Antara Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Our Blues merupakan drama Korea atau drakor terbaru yang tayang di Netflix pada 9 April silam. Dibintangi Korea papan atas seperti Lee Byung Hun, Cha Seung Won, Lee Jung-eun, Han Ji-min, Uhm Jung-hwa, dan pasangan selebriti Shin Min Ah serta Kim Woo Bin, drama 20 episode ini bercerita tentang pahit-manis cinta dan naik-turun kehidupan dari sekelompok orang yang tinggal dan bekerja di Pulau Jeju.

Untuk lebih lengkapnya, berikut empat alasan mengapa drama ini wajib ditonton, dikutip dari keterangan resmi Netflix.

1. Cara bercerita yang tak biasa

Berlatar di pulau Jeju, Our Blues mengikuti perjalanan hidup 14 karakter yang saling berkaitan - beberapa di antaranya adalah sahabat, tetangga, dan sanak saudara - berkat aktivitas mereka di Pasar Seopseop, Desa Pureung.

Setiap episode akan menyuguhkan cerita yang berfokus pada satu atau dua orang, namun tetap diwarnai oleh kehadiran berbagai karakter yang menjadi sorotan di episode lainnya. Hal ini pun menjadi sebuah cara bercerita yang sangat unik dan berbeda. Drama digambarkan dalam format "omnibus", bergaya cerita pendek dengan episode independen. Ada kalanya aktor menjadi karakter utama, tapi di episode lain muncul dalam beberapa adegan saja.

Penulis naskah Our Blues, Noh Hee Gyoung, menyampaikan keinginannya untuk memberikan dukungan kepada setiap orang melalui drama ini.

“Bentuk penceritaan omniverse ini adalah sesuatu yang telah lama ingin saya coba dalam drama. Saya tidak paham mengapa hampir seluruh kisah hanya berkutat pada seorang laki-laki dan perempuan, padahal dalam kehidupan nyata kita semua adalah karakter utama,” ujarnya.

2. Para pemain dan "chemistry" luar biasa

Aktor ternama Lee Byung Hun menampilkan sisi yang berbeda dari peran-peran sebelumnya sebagai Lee Dong-seok, sopir truk yang dilahirkan dan besar di Pulau Jeju. Lee Byung Hun menyatakan dalam konferensi pers, “Saya selalu berharap bisa bekerja sama dengan Noh Hee Gyoung."

Ia juga merasa terpukau oleh seluruh karakter dalam genre omniverse ini.

Shin Min Ah memerankan Min Seon-a, sebuah karakter yang juga jauh berbeda dari perannya di Hometown Cha-Cha-Cha. Dalam drama itu, Shin Min-a juga berakting dalam drama yang berlatar belakang desa fiktif bernama Gongjin, aslinya tempat ini adalah kota pelabuhan Pohang yang punya pantai menakjubkan serta desa yang memanjakan mata. Shin Min Ah di drama itu berperan sebagai dokter gigi yang pindah dari Seoul, kemudian bertemu pria pengangguran penuh bakat yang diperankan Kim Seon-ho.

Sementara dalam drakor ini, untuk pertama kali dalam kariernya, Shin Min Ah  berperan sebagai ibu. Dikisahkan ia terpaksa meninggalkan anaknya dan pindah ke pulau Jeju. Sang aktris menyatakan bahwa dirinya langsung merasa tertarik pada kehidupan karakternya, walaupun masih asing dengan perannya sendiri.

“Saya dapat memahami rasa pedih yang dirasakan Min Seon-a, dan hati saya pun ikut sakit. Saya tertarik untuk memainkan karakter ini dan ingin menantang diri saya sendiri.”

Sementara itu, serial ini menandai kembalinya Kim Woo-bin yang sebelumnya mengidap kanker nasofaring itu ke drama Korea setelah enam tahun rehat. Sang aktor akan memerankan Park Jeong-jun, seorang pria romantis dengan kehidupan yang sibuk - mulai dari mengantarkan para penyelam ke tempat mereka bekerja hingga menjual ikan di pasar dan tempat pelelangan. Kim Woo-bin menyatakan, “Untuk mendalami karakter ini, saya tinggal di Pulau Jeju untuk beberapa waktu. Di sana saya bertemu dengan seorang kapten kapal, mengikuti para penyelam ke tempat mereka bekerja, dan bahkan belajar memotong ikan di pasar.”

Kim Woo Bin dalam drama Korea Our Blues. Dok. Netflix.

3. Cerita yang dekat dengan kehidupan banyak orang

Our Blues menyajikan berbagai cerita mengenai orang-orang biasa, serta memiliki faktor kedekatan yang kuat.

Lee Byung-hun berkata, “Kisahnya terjadi dalam lokasi yang spesifik di Jeju, namun emosi yang terkait di dalamnya seperti kesedihan dan harapan adalah apa yang juga dialami oleh setiap orang.”

Shin Min Ah menambahkan, “Saya ingin agar pesan penuh harapan dari serial ini dapat diterima oleh banyak orang.”

Sementara itu, Han Ji-min berkata, “Penulis Noh selalu menghasilkan para karakter yang umumnya kita jumpai sehari-hari, namun ia dapat membuat mereka terasa spesial. Percakapan mereka dapat bersifat menyentuh sehingga meninggalkan kesan tersendiri bagi penonton.”

Poster drama Korea Our Blues. Dok. tvN.

4. Lokasi unik

Pulau Jeju dikenal sebagai salah satu destinasi wisata populer di Korea. Dalam Our Blues, pulau ini menjadi lokasi syuting maupun latar belakang berbagai kisah yang menjadi daya tarik tersendiri.

Sutradara Kim Kyu Tae mengenang bahwa pengalaman syuting di pulau tersebut menyenangkan sekaligus cukup menantang akibat faktor cuaca yang tak terduga.

“Angin di Jeju kadang sangat kuat dan dingin sehingga mempengaruhi tampilan rambut para aktor, namun di saat yang sama juga memberikan suasana yang berbeda ke dalam serial ini,” ujarnya.

Aktris Shin Min Ah menambahkan, “Jeju terkenal dengan keindahan laut dan gunung, tapi yang sangat saya sukai adalah rumah-rumahnya. Seluruh rumah di sana seperti punya kisah dan tampak hangat.”

Baca juga: Pertama Kali jadi Ibu dalam Drakor Our Blues, Shin Min Ah Merasa Tertantang