Menu Sahur Sederhana ala Anak Kos, Ca Brokoli Wortel Jamur

Menu sahur ala anak kos, Ca Brokoli Wortel Jamur/Foto: Dapur Umami

kuliner

Menu Sahur Sederhana ala Anak Kos, Ca Brokoli Wortel Jamur

Senin, 4 April 2022 13:15 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Hari ini sudah memasuki hari kedua bulan Puasa, bagi kamu yang saat ini masih tinggal di rumah kos tentu juga menyiapkan hidangan untuk sahur dan berbuka. Lantaran masih kos, peralatan memasak cenderung masih terbatas. Namun, bukan berarti tidak makan sahur karena sangat diperlukan bagi tubuh agar tidak lemas seharian berpuasa.

Nah berikut dua menu sahur dari Dapur Umami yang bisa kamu coba sebagai salah satu variasi menu sahur. Ada dua kreasi resep yakni ca brokoli wortel jamur yang kaya serat dan tahu tek yang mengandung protein nabati.

1. Ca Brokoli Wortel Jamur

Sayuran adalah asupan yang penting. Setiap harinya kita harus memastikan untuk selalu mengonsumsi sayur-mayur untuk membantu meningkatkan imun tubuh. Yuk coba ca brokoli wortel jamur berikut ini. 

Bahan-bahan:

100 gr Brokoli75 gr Wortel75 gr Jamur Kuping1 sdm minyak goreng2 siung bawang putih, geprek cincang½ buah bawang Bombay, bagi 41 sdm gula pasir2.5 gr garam2 gr MSG Ajinomoto½ sdt merica bubuk½ gelas air½ sdm tepung Maizena (jika tidak ada bisa skip)

Cara memasak:

1. Tumis bawang Bombay, dan bawang putih hingga harum2. Tambahkan sedikit air. Masukan wortel, Jamur masak hingga setengah matang masukan brokoli.3. Tambahkan Gula pasir, Garam, Merica bubuk, MSG Ajinomoto aduk rata.4. Setelah brokoli setengah matang, larutkan tepung maizena, aduk rata. Masak hingga matang.

2. Tahu Tek ala Surabaya

Tahu tek jadi salah satu alternatif menu sahur ala anak kos/Foto: Dapur Umami

Bagi anak kos yang sudah kepalang rindu dengan kampung halaman tepatnya di Surabaya, kreasi ide tahu tek ini bisa kamu coba. Kalau saus kacangnya tidak sempat membuat, kamu juga bisa beli yang sudah jadi.

Bahan-bahan:

210 gr Tahu Putih, (dadu70 gr Tauge1 btr Telur200 ml Minyak goreng

Bumbu Kacang:

80 gr Kacang tanah goreng, buang kulit1 sdt Petis1 siung Bawang puti3 bh Cabai rawit merah15 gr Gula Aren1 sdt MSG Ajinomoto½ sdm kecap manis300 Air

Pelengkap:200 gr (2 buah) lontong atau bisa diganti nasi

Cara memasak:

1. Haluskan bumbu kacang, tumis bawang putting dan cabai. Campurkan seluruhnya masak hingga mengental. Angkat lalu sisihkan.2. Panaskan minyak goreng lalu goreng telur dan tahu yang sudah diaduk seperti membuat telur dadar hingga matang di kedua sisinya.3. Susun tahu tek di atas piring, tambahkan tauge rebus, siram dengan bumbu kacang. Sajikan dengan lontong.

Bagaimana, tidak terlalu repot menyiapkan menu sahur ala anak kos di atas, kan? Selamat mencoba!

Baca: Menu Sahur Ini Jangan Diabaikan, Agar Tidak Lemas Selama Berpuasa