Urutan Skincare yang Tepat, Pastikan Ikuti 3 Langkah Ini

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi serum wajah (Pexels/Vie Studio)

Ilustrasi serum wajah (Pexels/Vie Studio)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Brand manager skincare lokal Implora Maria Bintang membagikan kiat pemakaian urutan skincare yang tepat sehingga bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Menurut wanita yang akrab disapa Bintang itu, urutan dasar pemakaian produk perawatan kulit wajah terdiri dari tiga langkah yakni cleansing (pembersihan wajah), hydration (membuat kulit lembap) dan protection (melindungi kulit dari paparan sinar UV yang merusak kulit).

1. Cleansing

"Urutan pemakaian skincare yang paling pertama adalah cleansing," katanya pada konferensi pers virtual pada Jumat 1 April 2022.

Bintang memperbolehkan masing-masing individu untuk melakukan pembersihan kulit dengan satu kali pembersihan, atau dua kali. "Terserah mau double cleansing atau cuma sekali, yang penting tujuannya adalah membersihkan kulit," kata Bintang.

2. Hydration

Tahap kedua adalah melembapkan kulit. Penggunaan pelembap sangat direkomendasikan untuk menjaga kulit agar tetap lembab dan sehat. Anda bisa menggunakan serum atau maupun krim pelembap khusus untuk malam atau siang.

3. Protection

Di negara yang mendapatkan paparan matahari yang cukup tinggi ini, memberikan perlindungan kepada kulit kita sangat penting. "Terakhir dan paling penting adalah penggunaan sunscreen, itu adalah kunci dari skincare, kita beri protection," kata Bintang.

Bintang mengatakan semakin dini kebiasaan merawat kulit dengan produk skincare, maka akan semakin baik pula hasilnya. Asalkan disesuaikan dengan kebutuhan kulit masing-masing. "Misalnya kalau di bawah 18 tahun ya tidak perlu pakai retinol dulu, karena di bawah usia 18 masih memiliki skin barrier yang bekerja, jadi biarkan skin barrier alami itu bekerja," katanya.

Ia menambahkan bahwa usia di bawah 18 tahun bisa melakukan perawatan kulit dimulai dengan rajin membersihkan dan melembapkan kulit. "Skincare itu sebetulnya bagaimana menemukan produk yang cocok, kalau sudah cocok ya sudah jangan ganti-ganti," katanya.

Produk skincare sebaiknya dipilih berdasarkan formulasi yang dipakai, skincare untuk negara-negara tropis seperti Indonesia memiliki kandungan yang berbeda dengan produk skincare dari negara non-tropis, misalnya seperti Korea Selatan.

Brand lokal biasanya memformulasi produk mereka sesuai dengan iklim tropis Indonesia di mana kandungan produk yang digunakan dipilih yang mudah meresap kulit dan tidak lengket sehingga memberikan rasa nyaman kepada pemakainya.

Baca: Urutan Pemakaian Face Oil dalam Rutinitas Skincare, Wajib Setelah Tabir Surya

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."