Bikin Sehat, Puasa di Bulan Ramadan Bantu Turunkan Gejala Asam Lambung

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi Buka Puasa. shutterstock.com

Ilustrasi Buka Puasa. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaPuasa di bulan Ramadan memiliki sejumlah manfaat bagi tubuh. Pakar Gizi Klinik dari Perhimpunan Dokter Spesialis Gizi Klinik Indonesia Fiastuti Witjaksono mengatakan salah satu manfaatnya adalah dapat menurunkan gejala asam lambung akut. "Kadang-kadang orang sering timbul asam lambung meningkat. Dengan puasa, gejala asam lambung akan berkurang karena makan jadi teratur, tidak terus menerus diisi dengan makanan," ujar dia dalam konferensi pers daring bertajuk "Manfaat Susu untuk Amunisi Saat Puasa”, Kamis 31 Maret 2022.

Fiastuti yang juga menjadi pengajar di Departemen Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dan berpraktik di Rumah Sakit Ciptomangunkusumo itu mengatakan, khusus bagi mereka dengan gangguan asam lambung, sebaiknya mengatasi masalah itu terlebih dulu dengan berkonsultasi pada dokter. "Kalau gangguan fungsional, mungkin asam lambung naik bisa membaik. Tetapi kalau ada gangguan di lambung, mungkin harus diobati dahulu supaya berpuasa lebih nyaman pada saluran cerna, bisa berkonsultasi dengan dokter," kata dia.

Puasa di bulan Ramadan artinya tidak mengonsumsi makanan atau minuman apapun selama kurang lebih 14 jam yakni mulai pukul 04.00 hingga 18.00. Akibatnya, cadangan makanan dalam tubuh yang berbentuk glukosa, glikogen, lemak dan protein pasti akan menurun. Karena itu, puasa dikatakan mempengaruhi saluran cerna.

Pada saat tidak puasa Anda bisa makan besar sebanyak 3 kali, ditambah camilan beberapa kali, bahkan mungkin tanpa berhenti. Akibatnya saluran cerna tidak pernah beristirahat. Namun, karena berpuasa, maka ini memberikan kesempatan pada saluran cerna sedikit beristirahat dan ini bermanfaat memperbaiki proses regenerasi saliran cerna dengan mengurangi beban kerjanya.

Di sisi lain, berbagai studi juga menunjukkan manfaat lain puasa di bulan Ramadan yakni membantu penurunan dan menjaga berat badan. Menurut Fiastuti, setelah satu bulan berpuasa, berat badan dapat turun kira-kira 1,5 kilogram.

Tetapi, dia mengingatkan Anda berhati-hati setelah bulan Ramadan, karena biasanya ada keinginan makan apa saja dan tak terkendali. "Kalau bersikap seperti itu dua minggu setelah Ramadan berat badan naik dengan cepat. Manfaat puasa bisa kita atur makan dengan lebih teratur," kata Fiastuti.

Puasa di bulan Ramadan juga bermanfaat menjaga kadar glukosa darah, menurunkan kadar LDL dibandingkan sebelum Ramadan. Puasa di bulan Ramadan juga bisa menjaga tekanan darah, membantu menurunkan tekanan darah sistolik sekitar 6-10 persen dan diastolik 3,8- 10 persen pada pasien hipertensi. "Puasa di bulan Ramadan apabila dijalankan dengan baik, dengan niat saya kira bisa membantu kita menjaga kesehatan," kata Fiastuti.

Baca: Tips Puasa untuk Pasien Hipertensi, Ini Kata Ahli Gizi

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."