Selamat! Prilly Latuconsina dan 3 Selebritis Ini Menjadi Duta FFI 2022

Cut Mini, Marsha Timothy, Prilly Latuconsina, dan Shenina Cinnamon menjadi duta FFI 2022/Foto: Doc. FFI

ragam

Selamat! Prilly Latuconsina dan 3 Selebritis Ini Menjadi Duta FFI 2022

Rabu, 30 Maret 2022 21:01 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Bertepatan dengan perayaan Hari Film Nasional, Komite FFI 2021-2023 meluncurkan Piala Citra Festival Film Indonesia (FFI) 2022 di Sarinah, Thamrin, Jakarta Pusat, yang ditayangkan secara daring. Penyelenggaraan Festival Film Indonesia bukan sekedar melahirkan proses kompetisi, tapi juga sebagai peta untuk membaca dinamika perfilman Indonesia.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim mengatakan pihaknya mendukung penuh penyelenggaraan Festival Film Indonesia 2022. Salah satu dinamika yang tergambar adalah andil besar perempuan dalam membangun ekosistem perfilman Indonesia. Oleh karena itu, FFI 2022 digelar dengan mengangkat tema “Perempuan: Citra, Karya & Karsa”.

Prilly Latuconsina. (Instagram/@prillylatuconsina96)

“Perempuan sejak dahulu telah memegang peran penting dalam upaya-upaya transformasi di segala bidang, termasuk membuat perubahan besar dalam perfilman Indonesia, baik di depan layar maupun di belakang layar. Terlebih upaya untuk mengangkat tema perempuan dan menghadirkan terobosan baru yang membawa kemajuan bagi seluruh ekosistem perfilman Indonesia, khususnya perempuan," terangnya melalui siaran pers, Rabu 30 Maret 2020.

Lebih lanjut Menteri Nadiem menyampaikan, "Di Hari Film Nasional ini, saya ingin mengucapkan selamat sekaligus apresiasi setinggi-tingginya kepada insan perfilman. Karya-karya insan perfilmanlah yang membuat karakter kita sebagai bangsa yang berbudaya semakin kokoh dan mashyur.”

Ketua Komite FFI Reza Rahadian bersama empat Duta FFI 2022, Cut Mini, Marsha Timothy, Prilly Latuconsina, dan Shenina Cinnamon. Dok. FFI.

Tema “Perempuan: Citra, Karya & Karsa” merupakan tema umum festival dan tidak mengikat tema film-film yang akan berpartisipasi pada FFI tahun ini. Kata Citra pada tema melambangkan keindahan perempuan yang abadi, kata Karya melambangkan ciptaan yang lahir, dan kata Karsa melambangkan sumber kekuatan keindahan karya yang lahir dari perempuan. Perempuan sebagai insan adalah sumber kelahiran, sedangkan perempuan dalam perfilman Indonesia adalah sumber kelahiran karya.

Sejalan dengan tema tahun ini, bertepatan dengan peluncuran Piala Citra 2022, empat perempuan dari perfilman Indonesia juga diumumkan sebagai Duta FFI 2022.

Marsha Timothy. Foto: Instagram/@marshatimothy

Mereka adalah Cut Mini (Pemenang Piala Citra kategori Pemeran Utama Perempuan Terbaik FFI 2016 dan kategori Pemeran Pendukung Perempuan Terbaik FFI 2019), Marsha Timothy (Pemenang Piala Citra kategori Pemeran Utama Perempuan Terbaik FFI 2018),

Lalu ada wajah milenial seperti Prilly Latuconsina (Pemenang Aktris Terfavorit Pilihan Penonton FFI 2021), dan Shenina Cinnamon (Nomine Pemeran Utama Perempuan Terbaik FFI 2021). Mereka akan bertugas sebagai wajah FFI hingga Malam Anugerahyang diadakan pada 22 November 2022.

Baca:  Alasan Prilly Latuconsina Pilih Makan Roti ketimbang Nasi saat Sibuk Bekerja