5 Fakta MotoGP Mandalika, Mulai dari Pawang Hujan Hingga Cedera Marc Marquez

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Setelah beberapa tahun berlalu, Indonesia kembali menjadi tuan rumah dari balapan motor paling bergengsi di dunia. Terakhir kali MotoGP diadakan di sirkuit Sentul, pada tahun 1997. Dan pada tahun 2022 ini, MotoGP diadakan di Lombok.

Perhelatan MotoGP Mandalika 2022 hingga saat ini masih menjadi sorotan, baik bagi masyarakat maupun media. Ada berbagai kejadian menarik, dari yang membuat tercengang hingga menarik perhatian internasional. Penasaran? Simak fakta-faktanya di bawah ini.

1. Destinasi wisata yang tak diragukan

MotoGP diadakan di Lombok, tak perlu diragukan lagi Mandalika memiliki banyak keindahan alam yang menakjubkan. Mulai dari pemandangan pantai selatan dengan pasir putih dan bukit hijau asri di latar belakangnya. Hingga adanya area pariwisata dengan banyak atraksi seperti resort dan hotel mewah serta waterpark yang ramah untuk wisata keluarga.

2. Petir yang menyambar sirkuit

Pada 20 Maret 2022, sirkuit Mandalika diguyur hujan deras. Oleh sebab itu balapan ditunda. Terlihat salam sebuah unggahan yang dibagikan oleh Instsgram MotoGP, petir sempat menyambar salah satu tikungan. Kilatan petir yang menyambar area sirkuit diperkirakan cukup kuat, tampak percikan api juga muncul di tempat sambaran.

3. Kecelakaan highside Marc Marquez

Marc Marquez terjatuh saat sesi warm up Pertamina Grand Prix of Indonesia, pada 20 Maret 2022. Ia mengalami insiden highside, ini terjadi ketika seorang pembalap terpelanting ke udara. Dalam unggahan yang dibagikan oleh Instagram MotoGP, Marquez terpelanting saat hendak menikung di Turn 7. Dia akhirnya dibawa ke rumah sakit yang menyebabkan dirinya absen dari MotoGP Mandalika 2022.

4. Adanya Mbak Rara sang pawang hujan

Saat perhelatan MotoGP 2022, sirkuit Mandalika diguyur hujan deras. Oleh sebab itu, sebagai inisiatif dari pihak pengelola ITDC (Indonesia Tourism Development Corporation) berusaha semaksimal mungkin supaya hujan reda. Untuk itulah Rara Isti Wulandari dihadirkan. Dia melakukan ritual dengan mengelilingi sirkuit sambil membawa mangkok emas, hingga akhirnya hujan reda. Dan MotoGP Mandalika dimulai pada 15.15 WITA.

5. Pemberian piala langsung oleh presiden

Hasil akhir dari MotoGP Mandalika 2022 yaitu Miguel Oliveira sebagai juara satu, Fabio Quartararo juara dua, dan Johann Zarco juara ketiga. Presiden Jokowi memberikan langsung piala kepada pemenang MotoGP Indonesia 2022 itu. Terlihat wajah mereka tampak bahagia dengan senyum semringah yang tercetak di wajah para pemenang.

Baca: Ayu Maulida dan 4 Selebritis Ini Turut Meramaikan MotoGP Mandalika 2022

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."