3 Hal yang Bikin Kulit Bayi Sensitif

Ilustrasi bayi perempuan. Canva.com

kesehatan

3 Hal yang Bikin Kulit Bayi Sensitif

Kamis, 17 Maret 2022 23:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Mitra Tarigan

CANTIKA.COM, Jakarta - Berdasarkan penelitian yang diterbitkan di Archives of Dermatological Research pada 2017, setidaknya terdapat tiga hal yang membuat kulit bayi sensitif. Pertama adalah bayi memiliki lapisan epidermis terluar (stratum korneum) yang lebih tipis. Kedua, proses penyerapan dan penguapan air di kulit bayi yang lebih cepat dibandingkan dengan orang dewasa. Ketiga, faktor pelembab alami dan produksi lipid kulit pada bayi lebih sedikit dibandingkan dengan orang dewasa sehingga kulit bayi lebih mudah kehilangan kelembapan. 3 kondisi itu membuat kulit bayi membutuhkan perawatan khusus, berbeda dengan kulit orang dewasa pada umumnya.

Dokter spesialis kulit dan kelamin Arini Widodo mengungkapkan bahwa setelah dilahirkan, kulit bayi beradaptasi dengan lingkungan baru. Terlebih, kulit bayi masih sangat rentan terhadap berbagai faktor pemicu iritasi sehingga penting untuk memilih produk perawatan bayi dengan kandungan yang mampu memenuhi kebutuhan sekaligus melindungi barrier kulit bayi. “Kolostrum memiliki potential manfaat yang masih bisa digali oleh karena itu terdapat berbagai riset yang menunjukan berbagai benefit kolostrum secara oral, dan beberapa riset menunjukan potensi benefit untuk kulit secara topikal,” kata Arini.

Kolostrum merupakan air susu pertama yang dihasilkan oleh kelenjar susu mamalia pada tahap akhir kehamilan atau beberapa hari setelah proses melahirkan. Kolostrum berwarna kekuningan dengan tekstur kental dan pekat, serta mengandung nutrisi yang lebih tinggi. Ekstrak kolostrum yang terdapat dalam setiap produk Pure Baby berasal dari sapi yang memiliki banyak manfaat, karena tinggi protein dan antibodi. Tak hanya untuk dikonsumsi, nyatanya kini ekstrak kolostrum juga memiliki manfaat baik untuk kesehatan kulit.

Kolostrum merupakan kandungan yang tergolong aman, dan dalam penelitian in vitro berpotensi dalam memperbaiki barrier (sawar) kulit, mengurangi penguapan air di kulit sehingga dapat berperan dalam menjaga kelembaban kulit. Kolostrum kaya akan berbagai nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh, termasuk kesehatan kulit. Kolostrum mengandung berbagai nutrisi seperti karbohidrat, protein, lemak, lactoferrin, antibodi, faktor pertumbuhan, kaya akan vitamin (Vit A, Vit B6, Vit B12, Vit C, Vit D, Vit E dan Vit K) dan mineral (Kromium, Natrium, Magnesium, Kalsium, Tembaga, Besi dan Zinc). “Banyak riset mengenai kolostrum pada kulit masih on-going untuk digali kembali potensi-potensi lainnya yang dapat bermanfaat untuk kulit.” tambah dr. Arini.

Pure Baby menawarkan rangkaian produk bayi dengan kandungan ekstrak kolostrum guna membantu ibu menjaga dan merawat kulit bayi yang teramat halus dan sensitif karena bagi ibu 'Yang Pertama, Yang Berharga'. “Kami memahami betapa berharganya kandungan air susu pertama (kolostrum) tersebut, oleh karena itu Pure Baby diformulasikan secara khusus untuk mampu membawa manfaat dari ekstrak kolostrum agar bisa merawat dan menjaga kehalusan kulit bayi serta teruji secara dermatologi,” kata Rizma Ariefiani selaku Head Brand Portfolio Strategy & Innovation Pure Baby. Pure Baby memiliki kandungan ekstrak kolostrum yang berasal dari sapi pilihan yang kaya akan vitamin dan mineral serta antibodi.

Baca: Air Susu Pertama Alias Kolostrum Bantu Jaga Kelembapan Kulit Bayi