Tips Pasien Diabetes Hadapi Ramadan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi diabetes. Freepik.com

Ilustrasi diabetes. Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Menjelang bulan Ramadan, para penderita diabetes sebaiknya mempersiapkan fisik dengan baik agar bisa menjalankan ibadah puasa namun tetap produktif. Dikutip dari siaran pers Kalbe pada Kamis 17 Maret 2022, salah satu upaya untuk menjaga tubuh pasien diabetes hadapi Ramadan agar tetap produktif dan sehat selama bulan Ramadan ialah harus dilakukan penyesuaian dosis obat. Juga menyesuaikan jadwal pemberian obat hipoglikemik oral dan atau insulin oleh dokter selama pasien menjalankan ibadah puasa.

"Kemudian, diabetisi harus selalu berhubungan dengan dokter selama menjalankan ibadah puasa. Melalui aplikasi KlikDiabetes sebagai asisten pribadi digital, diabetisi akan dibantu dalam mengatur jadwal pemberian obat melalui fitur Pengingat Obat serta berkonsultasi dengan dokter melalui fitur Tanya Dokter," kata Senior Product Manager Diabetes Kalbe, Anita Halim.

Selain itu, diabetisi dapat melihat menu-menu pilihan untuk sahur dan buka puasa serta mengatur jumlah kaluri melalu fitur Diet & Nutrisi. Kadar gula darah juga penting untuk dipantau secara teratur, terutama pertengahan hari dan menjelang berbuka puasa.

PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) melalui Ekosistem Diabetes Total Solution (DTS) menyelenggarakan edukasi untuk para diabetisi (penderita diabetes). Kegiatan bertujuan membantu para diabetisi agar tetap menjalani pola hidup ideal, utamanya selama Ramadan. Kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan edukasi berupa tips bagi para diabetisi dalam tatalaksana diabetes melitus, agar tetap produktif seharian. Selain itu, memahami bagaimana memilih diet dan nutrisi yang tepat bagi diabetisi selama berpuasa.

"Kalbe berkomitmen dalam meningkatkan kualitas hidup diabetisi yang lebih baik dengan terus mengembangkan dan memasarkan anti diabetes dan komplikasinya, nutrisi, alat cek gula darah, serta platform digital yang berkualitas. Sehingga dapat memberikan dukungan yang komprehensif bagi dokter dan diabetisi dalam mencapai pola hidup dan manajemen diabetes yang ideal," ujar Project Leader Diabetes Total Solution (DTS) Bonny Anom.

Kalbe Diabetes Care merupakan layanan terpadu bagi diabetisi yang diberikan oleh Ekosistem DTS milik Kalbe. Ekosistem ini merupakan kolaborasi empat unit bisnis utama Kalbe di bidang diabetes, mulai dari obat resep anti diabetes dan komplikasinya, nutrisi khusus pasien diabetes Diabetasol, alat cek gula darah mandiri Elvasense, serta platform digital KlikDiabetes.

Baca: Penyandang Diabetes Bisa Lebih Parah Saat Pandemi, Cegah dengan Cara Mudah Ini

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."