Demi Menjaga Kesehatan Paru-paru, Konsumsi Tomat, Paprika Merah, dan Bayam

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi tomat. shutterstock.com

Ilustrasi tomat. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Menjaga kesehatan paru-paru sama pentingnya dengan jantung, ginjal dan organ tubuh lainnya. Agar paru-paru tetap sehat dan berfungsi optimal yang utama adalah tidak merokok. Selain itu, terapkan pula diet seimbang dengan mengonsumsi sejumlah makanan tertentu yang bisa meningkatkan kesehatan paru-paru.

Buah dan sayur yang kaya dengan kandungan antosianin, likopen, dan karotenoid berkhasiat untuk menjaga kesehatan paru-paru. Apa saja contohnya? Berikut contohnya dikutip dari laman Indian Express, Ahad, 5 Desember 2021.

Buah beri

Buah beri sarat dengan antosianin, flavanoid yang ditemukan dalam stroberi, beri biru, dan lainnya. Kerusakan paru-paru dapat terjadi karena radikal bebas, dan senyawa antioksidan yang ditemukan dalam buah beri dapat membantu memperlambat penurunan fungsi paru-paru yang biasanya terjadi karena usia.

Sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau kaya akan karotenoid, dan penelitian telah menunjukkan bahwa sayuran ini membantu mengurangi kemungkinan kanker paru-paru.
Oleh karena itu, seseorang harus memasukkan sayuran seperti bayam ke dalam menu harian.

Buah dan sayuran berwarna merah

Paprika merah, tomat dan sejenisnya sarat dengan likopen, yang merupakan antioksidan yang membantu kesehatan paru-paru. Jus tomat telah terbukti memperbaiki peradangan saluran napas.

Ini sangat bermanfaat bagi mereka yang menderita penyakit paru obstruktif kronik. Likopen juga membantu menunda penurunan fungsi paru-paru terkait usia.

Kafein

Asupan kafein secara teratur dapat bermanfaat karena kopi berfungsi sebagai anti-inflamasi dan mengandung polifenol yang memfasilitasi fungsi paru-paru yang baik. Namun yang harus diingat adalah tidak mengonsumsi kafein secara berlebihan.
 
Jadi, jangan lewatkan buah atau sayuran di atas untuk menjaga kesehatan paru-paru Anda.
 
Baca juga: Simak 5 Tanda Paru-paru Anda sedang Bermasalah, Nyeri Dada hingga Dahak Kronis
Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."