Makna Kebaya Akad Sabrina Anggraini Karya Didiet Maulana, Tut Wuri Handayani

Detail kebaya akad nikah Sabrina Anggraini rancakan Svarna Ikat Indonesia by Didiet Maulana/Foto: Instagram/Sabrina Anggraini

mode

Makna Kebaya Akad Sabrina Anggraini Karya Didiet Maulana, Tut Wuri Handayani

Selasa, 8 Maret 2022 14:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - CEO Ruangguru, Belva Devara dan Sabrina Anggraini telah resmi menikah pada Sabtu pagi, 5 Maret 2022. Pada momen sakral akad nikah, mempelai perempuan Sabrina Anggraini mengenakan kebaya kutubaru rancangan desainer Ikat Indonesia Didiet Maulana.

Melalu laman Instagramnya, Senin 7 Maret 2022, Didiet Maulana menerangkan konsep dan detail kebaya akad nikah yang dikenakan oleh Sabrina. Didiet menuliskan bahwa busana pengantin Belva dan Sabrina terinspirasi dari Tut Wuri Handayani.

Tut Wuri Handayani, adalah sebuah konsep yang dicetuskan Ki Hajar Dewantara, Bapak Pendidikan RI, yang menjadi semboyan dalam dunia pendidikan Indonesia, yang bermakna "dari belakang, seorang guru harus bisa memberikan dorongan dan arahan".

"Belva dengan Ruang Guru nya dan Sabrina dengan prestasi akademisnya, menginspirasikan generasi muda Indonesia terutama dalam hal pendidikan," tulisnya.

"Kami terinspirasi dengan semboyan Tut Wuri Handayani untuk menghasilkan konsep perancangan busana pernikahan yang memiliki tampilan baru, memberikan inspirasi dan inovasi. Inspirasi dan inovasi di sini kami bermain dengan tampilan baru."

Untuk Sabrina sebuah kebaya Kutubaru dengan lengan berpotongan melebar (biasanya lengan ketat ) dan juga motif angkin yang dibuat khusus dipadu dengan kain Sido Luhur. Sesuai dengan namanya, motif ini bermakna harapan untuk mencapai kedudukan yang tinggi dan dapat menjadi panutan masyarakat (keluhuran). Detail leher dengan lipitan bordir halus menambah aksen estetika.

Belva memakai beskap dengan bordiran bermotif floral yang berarti tumbuh dengan aksen bordiran kepakan sayap Garuda, inspirasi logo Tut Wuri Handayani. Bordir logo ini diletakkan di lengan dan bagian punggung.

Kepakan sayap Garuda pada logo Tut Wuri Handayani juga dihadirkan pada selendang yang memeluk Sabrina, dengan "sayap-sayap" organza pada selendang tersebut yang berjumlah lima setiap kelopak (sama dengan jumlah sayap pada logo-inspirasi Pancasila). Selendang dibuat super panjang agar menyerupai sayap ketika dipakai.

"Warna busana akad nikah yang biasanya putih, kali ini kami hadirkan satu warna baru, yang inspirasinya gak lain adalah...warna seragam SMA. Abu-abu kebiruan, yang berdasarkan Idik Sulaeman Nataatmadja, Direktur Pembinaan Kesiswaan Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah 1979-1983, memiliki arti kedewasaan dan ketenangan," jelasnya.

Belva Devara resmi bertunangan dengan Sabrina Anggraini pada Sabtu, 18 Desember 2021 lalu. Digelar di Hotel Raffles Jakarta, acara pertunangan dihadiri oleh keluarga dari kedua belah pihak. Belva melamar Sabrina di lapangan kampus mereka Massachusetts Institute of Technology (MIT) pada Oktober 2021.

Baca: Tampil Bak Putri, Sabrina Anggraini Memesona Berbalut Kebaya Karya Anne Avantie