Pevita Pearce Menjalani Upacara Melukat, Apa Makna dan Tujuannya?

Pevita Pearce. Foto: Instagram/@pevpearce

ragam

Pevita Pearce Menjalani Upacara Melukat, Apa Makna dan Tujuannya?

Rabu, 16 Februari 2022 19:05 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Aktris, Pevita Pearce berbagi cerita saat ia menjalani upacara Melukat sebagai tanda membuka tahun 2022 yang menurutnya sudah banyak tantangan. Menurut pemeran film 5 Cm ini, yang bisa ia tuliskan ialah sebuah perjalanan yang indah.

"Saya tidak bisa lebih bersyukur. Ada perubahan dalam perjalanan mental-emosional-spiritual saya dan saya senang sekarang saya dapat menerimanya dan melihat seluruh situasi dengan begitu banyak cinta & kasih sayang," tulisnya.

Dalam kolase foto yang diunggah Pevita, Rabu, 16 Februari 2022 tampak saat dirinya sedang melakukan upacara melukat dipandu oleh pemangku adat. Ia mengenakan kain warna ungu bercorak yang dililit ke tubuhnya. Ia juga memakai obi, ikat pinggang khas Bali warna ungu.

Tidak hanya Pevita yang menjalani tradisi Melukat, sebelumnya Jessica Iskandar juga pernah berbagi foto yang sama. Saat mengikuti momen Melukat, pemeran film Dealova ini mengenakan kebaya bahan crepe berwarna peach. Bawahannya, ia mengenakan kain sarung motif warna hijau pupus dan dilengkapi selendang fuschia.

"Semua ada yang sudah pernah melukat? Aku kemarin melukat di bulan purnama terakhir di tahun 2020. Di alam yang super indah dan bersih, banyangin aku turun ratusan anak tangga pakai kebaya lengkap dengan sarungnya, jadi gek bali #bali #melukat," tulisnya di keterangan foto, 31 Desember 2020.

Tak hanya itu, Jedar juga kerap membagikan momen berpenampilan dengan kebaya saat mengikuti upacara ada Bali. Instagram/inijedar

Ritual Melukat merupakan salah satu tradisi yang ada dalam keyakinan ajaran agama Hindu di Bali yang bermakna pembersihan jiwa dari pengaruh unsur-unsur negatif.

Mengutip dari laman sejarah hari raya Hindu, Melukat adalah berasal dari bahasa jawa kuno yaitu lukat yang artinya bersih, melukat yang simpel bisa kita laksanakan pada mata air /aliran sungai di laut atau pertemuan laut dan sungai kalau di bali biasanya dekat pura segara atau di beji.

Jika ada pemangku akan lebih mudah, bilang saja sama mangkunya ingin melukat karena ada beberapa pura yang melukatnya dilakukan oleh pemangku langsung. Kalau sendiri sangat mudah sekali sembahyang dulu di dekat mata air atau aliran air itu mohon pensucian agar air tersebut diberi daya kekuatan untuk membersihkan diri.

Baca: Tampil Gothic Ala Peramal, Pevita Pearce: Siapa Masih Single 2022?