22 Tahun Bersama, Titi Kamal Membagikan Rahasia Pernikahan Awet

Titi Kamal bersama suami, Christian Sugiono. Foto: Instagram/@titi_kamall

cinta

22 Tahun Bersama, Titi Kamal Membagikan Rahasia Pernikahan Awet

Selasa, 25 Januari 2022 16:05 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Aktris Indonesia Titi Kamal, yang terkenal dengan kesetiaan terhadap pasangannya Christian Sugiono atau biasa dipanggil Tian, membagikan cerita dan tips untuk hubungan yang langgeng.

Dalam sesi bincang-bincang Titi di TS Talks pada Kamis, 6 Januari 2022, Titi mengatakan bahwa terkadang ia masih suka cemburu jika Christian Sugiono main film.

Saat ditanya Luna Maya siapa lawan main Christian Sugiono yang paling membuat cemburu, Titi menjawab bahwa semuanya sama rata. Titi mengatakan bahwa cemburu yang dimaksud bukan yang berlebihan, sekadar ingin tahu nanti adegannya seperti apa atau kedekatan fisiknya seberapa intim.

“Tapi kan aku sebenarnya tidak bisa terlalu gimana-gimana Uns, soalnya aku kan ada main film juga. Jadi gak bisa terlalu yang kamu gak boleh gini-gini, ya gua nya juga gitu gimana dong,” ujar Titi.

Titi Kamal dalam obrolan bersama Luna Maya di TS Media/Foto: Tangkapan layar YouTube TS Media

Sedangkan untuk Tian, Titi mengatakan bahwa Tian lebih santai dan tidak cemburuan, namun tetap ada pertanyaan-pertanyaan kecil mengenai adegan syuting Titi. Namun, tetap Titi menegaskan bahwa cemburu pun ada batasnya, tidak boleh sampai mengganggu pekerjaan.

“Kita karena sudah kelamaan bareng, jadi sudah tau do’s and dont’s dan ada rambu-rambunya gitu.” kata Titi.

10 tahun masa pacaran dan 12 tahun masa pernikahan, Titi dan Tian sudah bersama selama 22 tahun. Titi mengaku bahwa selama pacaran pun mereka sering putus nyambung karena Titi juga sempat pacaran jarak jauh selama enam tahun dengan Tian.

Selama pacaran dengan Tian, Titi tidak pernah mendesak untuk menikah, justru Titi merasa pacaran saja sudah sangat cukup bagi mereka berdua. Pernikahan bisa terjadi karena ibu Titi mulai mendesak Tian dan menanyakan masa depan mereka.

“Jadi, mama yang nodong Tian, maksudnya kalau gitu ya memang sudah saatnya nikah. Jadi, kalau misalnya mama waktu itu gak nanyain, mungkin aku kayak yang masih gitu-gitu aja.” jelas Titi.

Namun untuk sekarang di masa pernikahan, Titi mengatakan bahwa mereka baik-baik saja dan semoga tidak ada masalah yang terlalu besar.

Titi Kamal mendapat hadiah spesial buket bunga tiga warna dari suaminya Christian Sugiono saat berulang tahun ke-40/Foto: Instagram/Christian Sugiono

Bagi Titi sendiri, penting untuk pacaran cukup lama sebelum menikah agar nanti setelah menikah tidak terlalu kaget dengan karakter-karakter pasangan yang belum diketahui. Mungkin sekitar satu tahun atau dua tahun sudah cukup bagi Titi.

Tapi kembali lagi, semuanya pun relatif dan tergantung oleh diri masing-masing. Melihat pengalaman teman-temannya, ada yang pacarannya sebentar tapi ternyata cocok satu sama lain dan pernikahannya langgeng sampai sekarang.

“Jangan pernah berharap orang berubah, karena orang ya dia bahagia dengan dirinya sendiri, dengan gaya dia sendiri, menjadi diri sendiri. Kalau kita berharap dia berubah, sepertinya itu akan bikin dia lebih gak nyaman gak sih dengan hidup dia.” kata Titi.

Titi menyarankan agar sebisa mungkin untuk sudah menerima apa adanya diri pasangan sebelum menikah, dan jangan mengharapkan pasangan untuk berubah nanti setelah menikah. Bersama selama 22 tahun pasti banyak gejolak yang dialami oleh pasangan begitu pula Tian dan Titi. Namun, cara mempertahankan hubungan Titi dan Tian adalah dengan menjaga kompromi dan saling mengalah.

Dalam suatu hubungan yang sudah terikat komitmen menikah pun tetap diperlukan waktu sendiri bagi kedua penjalin hubungan. Titi dan Tian pun menerapkan hal ini dalam hubungan pernikahan mereka.

Titi Kamal bersama suami, Christian Sugiono. Foto: Instagram/@titi_kamall

“Kalau menurut kita ya Uns, ya iya gitu, karena kan mereka kan pasti pengen punya me time juga sama teman-temannya, aku pun juga gitu.” ujar Titi.

Titi menekankan hal yang paling penting adalah memberikan informasi yang jelas akan pergi sama siapa, ke mana, dan melakukan kegiatan apa. Jadi, meskipun sudah terikat komitmen, Titi dan Tian tetap memiliki kehidupannya sendiri dan membebaskan pasangan masing-masing untuk pergi kemana pun, asal memberikan kabar yang jelas.

“Jadi, dalam setahun itu ada me time sama teman-teman, akunya sama keluarga maksudnya sama mama, berdua juga harus ada supaya bisa tetap romantis.” jelas Titi.

Hal tersebut sudah dibicarakan oleh Titi dan Tian jauh sebelum menikah, mereka sudah mendiskusikan kehidupan pernikahan nantinya seperti apa, apakah masih boleh untuk bermain bersama teman-teman, dan lain-lain. Beruntungnya, Titi dan Tian yang sama-sama berasal dari dunia hiburan, jadi untuk menerima tawaran film pun saling membebaskan saja satu sama lain.

Baca: Christian Sugiono Jarang Ungkapkan Cinta, Titi Kamal Ungkap Alasannya

BERNADETTE JEANE WIDJAJA