Cerita Luna Maya Jalani Pembekuan Sel Telur, Awalnya Ingin di Luar Negeri

Luna Maya mengisahkan pengalamannya jalani pembekuan sel telur atau egg freezing pada 2021 di Indonesia. Foto: tangkapan layar Youtube/Luna Maya

ragam

Cerita Luna Maya Jalani Pembekuan Sel Telur, Awalnya Ingin di Luar Negeri

Selasa, 25 Januari 2022 12:30 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Aktris, model, dan pengusaha, Luna Maya membagikan pengalamannya jalani pembekuan sel telur atau egg freezing di Jakarta pada pertengahan tahun 2021 silam. Luna mengatakan ia sudah mengetahui tentang pembekuan sel telur sejak lama, tapi baru mantap menjalaninya lima tahun silam.

"Udah tahu (pembekuan sel telur) dari dulu, tapi kepikirannya tuh empat atau lima tahun lalu, 2017, 2016. Tapi baru pengen ngelakuinnya itu sekitar 2017 akhir menuju 2018," ujarnya mengawali cerita dikutip dari vlog yang diunggah ke kanal Youtube-nya, Luna Maya, Senin, 24 Januari 2022.

Karena disibukkan sederet pekerjaan, Luna sempat menunda rencana tersebut. "Tapi karena sibuk, sibuk, oke 2019. Karena sibuk, sibuk, maunya 2020. Karena pandemi, tidak bisa keluar negeri, yaudah akhirnya diurungkan niatnya," tukas perempuan asal Bali itu.

Awalnya, ia berniat jalani pembekuan sel telur di luar negeri. Namun setelah ia menggali informasi lebih dalam dan mengetahui tindakan tersebut bisa dilakukan di Indonesia, akhirnya ia memutuskan melakukannya di Tanah Air, tepatnya di Jakarta.

"Ternyata di Indonesia juga ada. Jadi aku pikir ngapain jauh-jauh keluar negeri, ternyata di Indonesia juga ada dan bisa dilakukan. Akhirnya, aku lakukan freeze egg ini di Indonesia tahun lalu," ujar mantan pacar Ariel Noah ini. 

Luna mengaku tak pernah ragu menjalani proses pembekuan sel telur. Baginya, ini salah satu pilihan saat dirinya masih muda dan dalam kondisi fisik yang sehat, tapi belum tahu kapan dipertemukan dengan jodohnya.

"Setiap bertambahnya umur, sel telur yang dihasilkan selalu berkurang. Jadi mumpung masih muda, masih sehat, tidak ada salahnya punya alternatif ini. Ini tindakan preventif aja," kata perempuan 38 tahun ini.

Kabar Luna Maya melakukan pembekuan sel telur pertama kali diketahui saat ia berbincang dengan Venna Melinda. Luna mengatakan bahwa perempuan memang memiliki usia biologis. Tapi dia tidak menjadikan itu sebagai batasan seseorang untuk segera menikah dan hamil karena dia sudah membekukan sel telur

Aku udah freeze egg. Dan aku pikir dengan teknologi dan pola hidup aku, aku rasa aku cukup sehat untuk seusia aku, aku masih punya energi itu, dan entah kenapa aku ngerasa nggak terbebani oleh usia,” ucap Luna Maya dikutip dari vlog yang diunggah di kanal Youtube Venna Melinda Channel, 15 Januari 2021.

Baca juga: Tips Sukses ala Luna Maya, Fokus dan Jangan Pernah Berpikir Instan