5 Inspirasi Model Rambut bagi Pemilik Rambut Tebal, Bixie Salah Satunya

Ilustrasi potongan rambut pixie cut. Inofashionstyle.com

kecantikan

5 Inspirasi Model Rambut bagi Pemilik Rambut Tebal, Bixie Salah Satunya

Senin, 17 Januari 2022 10:05 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Tebal tipisnya rambut salah satu faktor yang dipertimbangkan saat memotong rambut. Kebanyakan pemilik rambut tipis kerap mendambakan potongan rambut yang lebih bervolume. Sementara pemilik rambut tebal, mereka sering mempertimbangkan model rambut yang menonjolkan ketebalannya. Khusus untuk pemilik rambut tebal, tantangan lainnya agar potongan rambutnya tak menambah bobot rambut

"Ketika harus memotong rambut tebal, terlalu pendek atau menambahkan terlalu banyak lapisan dapat berakhir dengan menciptakan jumlah besar di area yang tidak diinginkan," jelas Sunnie Brook, penata gaya selebriti dan duta global Biolage.

"Salah satu tantangan lain pemilik rambut tebal adalah mengurangi jumlah atau berat rambut, sehingga Anda dapat menciptakan gerakan yang cukup dalam gaya," tambah Briana Cisneros, penata rambut selebriti dan duta merek Wella.

Sebenarnya tidak ada aturan khusus untuk memotong rambut tebal. Yang terpenting  Anda menemukan penata rambut yang cocok, preferensi model rambut, dan fitur untuk menciptakan tampilan pelengkap yang menyeimbangkan volume dan berat rambut Anda, kata Cisnero. Berikut lima model rambut yang cocok dengan pemilik rambut tebal, menurutnya.

1. Undercut Bob

Gaya yang lebih pendek cenderung terlihat tidak diinginkan jika Anda memiliki rambut yang lebih tebal, tetapi teknik pemotongan ini adalah cara yang bagus untuk menghilangkan berat badan dan berat badan, dan memberi Anda pilihan untuk memakai tampilan yang lebih pendek, kata Brook.

Sesuai namanya, undercut bob dipotong dari bawah. Dan, seberapa banyak rambut yang dipotong disesuaikan dengan tampilan wajah, ungkap Cisneros. Jika tidak ingin terlalu pendek, ia menyebutkan bisa memilih potongan rambut model lob alias bob panjang.

Kiat penataan: Keringkan dengan menggunakan paddle brush untuk membantu menghaluskan area undercut, saran Brook.

2. Bixie

Bixie merupakan model potongan rambut gabungan dari bob dan pixie. "Ini adalah potongan rambut bob yang berlapis, pixie, termasuk poni," kata Cisneros. Potongan undercut agar tidak terlihat terlalu bulat, layer menambah gerakan, sementara poni memiliki fungsinya sendiri.

"Menambahkan poni ke rambut tebal, untuk gaya apa pun, adalah cara yang bagus untuk membantu menghilangkan kelebihan rambut di sekitar wajah," kata Nunzio Saviano, penata rambut dan pemilik salon eponim di New York, Amerika Serikat.

Kiat penataan: Menyisir poni dengan sikat bulu adalah cara mudah untuk membuatnya terlihat seperti Anda menata rambut, kata Saviano.

3. Panjang layer

Cisneros mengatakan bahwa menambahkan lapisan di bagian dalam rambut adalah salah satu cara termudah untuk menciptakan gaya yang bagus bagi siapa saja yang menginginkan rambut panjang. Dengan memotong banyak rambut di bagian dalam, memungkinkan lapisan yang lebih sedikit di bagian atas sambil tetap memberikan  gerakan, jelasnya.

"Kombinasi lapisan panjang dan pembingkaian wajah menghilangkan bobot di bagian  rambut bawah, menambah volume di bagian tengah, dan memberikan tampilan keseluruhan yang lebih ringan dan tidak berbobot ke semua rambut," katanya.

Kiat penataan: Hot air brush yang bulat memudahkan untuk menyempurnakan gerakan layer rambut, kata Brook.

4. Potongan rambut A-Line

"Gaya potongan rambut ini umumnya lebih pendek di bagian belakang dan lebih panjang di bagian depan, menurun popularitasnya untuk sementara waktu tetapi sekarang muncul kembali," kata Cisneros. Dia menambahkan bahwa model itu cocok dengan bob atau lob.)

Brook juga merekomendasikan potongan ini, mencatat bahwa memiliki panjang lebih di bagian depan membuat rambut tidak terlihat terlalu besar, bahkan jika itu adalah potongan yang lebih pendek secara keseluruhan. "Ini bekerja sangat baik untuk bentuk wajah bulat dan persegi, karena memanjangkan wajah dan leher," tambahnya.

Kiat penataan: Gunakan paddle brush untuk menata rambut Anda saat mengeringkannya, saran Brook.

5. Sentuhan poni

"Poni bisa mengurangi bobot rambut dan menambah banyak gerakan," kata Cisneros. Ia juga mengungkapkan poni "luar biasa" untuk rambut tebal karena sangat fleksibel dan bisa berubah dari lebih konservatif menjadi super tegang.

Kiat gaya: Menurut Saviano, pengeringan dengan udara sebenarnya adalah cara terbaik untuk menata potongan ini karena meningkatkan kehalusan dan tampilan bertekstur.

Baca juga: Tren Bilas Rambut dengan Cuka Sari Apel, Apa Manfaatnya? 

REAL SIMPLE