Jalani Prosesi Ngeyeuk Sereuh, Sheila Dara Anggun dengan Kebaya Hijau Emerald

Sheila Dara Aisha dan Vidi Aldiano tengah menjalani rangkaian upacara adat pernikahan, salah satunya Ngeyeuk Sereuh/Foto: Instagram/Foto Sheila Dara

mode

Jalani Prosesi Ngeyeuk Sereuh, Sheila Dara Anggun dengan Kebaya Hijau Emerald

Jumat, 14 Januari 2022 15:25 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Pasangan selebriti Sheila Dara dan Vidi Aldiano tengah menjalani rangkaian jelang pernikahan yang akan helat besok, Sabtu 15 Januari 2022. Sebelumnya, aktris berusia 31 tahun itu resmi dilamar Vidi di depan kedua keluarga dan kerabat pada Rabu, 1 Desember 2021 lalu. Acara lamaran berlangsung khidmat dan penuh keakraban di kawasan Hutan Kota by Plataran, Jakarta Pusat.

Pernikahan tradisional tidak akan terasa lengkap tanpa mengikuti setiap tata cara dan ritual yang ada. Meskipun begitu, sebagian orang mulai meninggalkan upacara adat, padahal di balik ritual upacara ini tersimpan pesona kultur yang sarat makna sakral. Ritual inilah yang dijalani oleh pasangan Vidi dan Sheila.

Melalui unggahan fotonya, Vidi Aldiano dan Sheila Dara tampak berpose menawan dengan busana nuansa hijau emerald adat Sunda dari desainer kebaya Ayung Berinda. Vidi mengenakan suits dengan padanan sarung coklat, peci hitam, dan brooch keemasan. Sementara Sheila Dara anggun dengan kebaya berpotongan modern yang dipenuhi beads keemasan. Ia memadukan dengan kain batik cokelat dan selop khas penganting warna yang sama dengan kebaya.

Melansir laman Bride Story, kata Ngeuyeuk Seureuh berasal dari bahasa sunda 'ngaheuyeuk' yang berarti mengolah. Upacara ini dilakukan untuk meminta restu kepada orang tua kedua calon pengantin di rumah pihak perempuan. Biasanya upacara ini dilakukan satu hari sebelum akad nikah, dan bersamaan dengan prosesi seserahan. Upacara ini juga dipenuhi dengan nasehat berumah tangga dan tidak jarang mengandung edukasi seks.

Upacara dipimpin oleh seorang Nini Pangeuyeuk, atau perempuan yang telah paham akan upacara ini dan seringkali juga merupakan juru rias adat Sunda. Tidak semua orang boleh hadir dalam upacara ini, hanya calon pengantin, keluarga terdekat dan orang tua yang memiliki peran khusus. Tak hanya itu, seorang gadis, anak remaja yang belum mengalami pubertas, dan wanita dewasa yang belum pernah menikah juga tidak diizinkan menghadiri upacara ini.

Melalui ritual ini, calon pengantin diharapkan dapat mewujudkan filosofi 'Kawas Gula Jeung Peuet' yang secara harfiah berarti 'bagaikan gula dengan nira yang sudah matang'. Peribahasa ini menggambarkan hidup yang rukun, saling menyayangi dan sebisa mungkin menghindari perselisihan.

Diinformasikan sebelumnya, tiga hari sebelum acara lamaran, Vidi Aldiano telah merilis video momen melamar Sheila Dara tepat di hari ulang tahunnya ke-31 pada 29 Maret 2021. Vidi mengaku baru mengunggahnya delapan bulan kemudian karena menunggu waktu yang tepat. Dalam video tersebut, Vidi mengatakan bahwa Sheila Dara membuatnya percaya akan adanya cinta sejati.

"Kamu enggak tahu betapa pentingnya kamu, selama bertahun-tahun aku selalu enggak percaya sama yang namanya true love. Pertama kali, kita enggak seharmonis itu, main-main aja, kita putus, 2 tahun yang lalu kita mutusin untuk kembali. Aku mendapatkan true love yang aku cari dari dulu,” ujar Vidi dikutip dari kanal YouTube Vidi Aldiano, 28 November 2021.

Baca: Resmi Dilamar Vidi Aldiano, Sheila Dara Anggun Berkebaya Kutu Baru Modern