5 Keahlian Ini Bisa Kamu Dapat Saat Ambil Pendidikan Tinggi

Webinar virtual bertema "Career Introduction for Youth in Eastern Indonesia" bersama Lokalate, Nutrifood pada Kamis, 13 Januari 2022/Nutrifood

karir

5 Keahlian Ini Bisa Kamu Dapat Saat Ambil Pendidikan Tinggi

Jumat, 14 Januari 2022 07:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Mitra Tarigan

CANTIKA.COM, Jakarta - Ada beberapa keahlian yang perlu ditingkatkan agar dapat bersaing dalam dunia profesional, skill tersebut dapat dikembangkan selama mengikuti pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Alumni Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Universitas Marshall, Isach Samuel Kbarek mengingatkan soal pentingnya anak muda berpikir soal pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. “Informasi yang bakal saya kasih ini lebih bersifat informatif, dan juga tentunya praktikal buat anak-anak muda yang memikirkan atau punya ide atau mencoba melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi lagi,” kata Isach pada webinar virtual “Career Introduction for Youth in Eastern Indonesia” oleh Lokalate, Nutrifood pada Kamis, 13 Januari 2022, .

Isach mengatakan bahwa butuh lebih dari skill personal saat memasuki dunia profesional. Untuk meningkatkan soft skills dan hard skills, dapat dikembangkan ketika memutuskan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Isach menjelaskan ada lima soft skills yang didapat ketika belajar ke jenjang yang lebih tinggi, yaitu:

1. Kemampuan memimpinKetika memutuskan untuk melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi, apalagi di luar negeri, maka akan bertemu lebih banyak orang dengan berbagai latar belakang ilmu serta sosial yang sangat berbeda. Saat seseorang mampu untuk berbaur dalam situasi tersebut, maka ia berhasil menguasai kemampuan ini.

2. BerkoneksiKetika berusaha berbaur dengan orang-orang baru dalam universitas lanjutan, tentu saja jaringan koneksi akan semakin luas dan kemampuan untuk berkoneksi dengan orang lain pun meningkat.

3. Kemampuan komunikasiSaat memutuskan untuk melanjutkan pendidikan, segala sesuatu yang dilakukan lebih banyak melalui komunikasi karena murid akan lebih banyak mengkampanyekan idenya, sehingga dosen lebih sedikit berbicara.

4. KepribadianKepribadian itu bisa dibangun, diubah, dan ditingkatkan. Jadi, saat menjalani pendidikan lanjutan, kepribadian akan semakin diasah karena dengan adanya spesifikasi jurusan, maka seseorang menjadi lebih berkualitas di bidang tertentu.

5. SikapKetika berada dalam universitas, terutama lingkungan S2, lebih menekankan kepada bagaimana kita bersikap profesional dalam lingkungan yang tepati.

Kelima soft skills yang bisa didapatkan saat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, membuat seseorang menjadi cerdas secara sosial. “Semua dari pada skills set atau soft skill yang saya sudah mention ini, akan membentuk salah satu skills yang sangat penting banget yang kita sebut sebagai social intelligence,” kata Isach.

Isach mengatakan bahwa social intelligence adalah kemampuan seseorang untuk mengadaptasikan atau mengaitkan seluruh soft skills yang didapat, dan inilah yang menjadi salah satu keunggulan seseorang setelah melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi.

BERNADETTE JEANE WIDJAJA