6 Keahlian Dasar yang Harus Dimiliki Ahli Marketing

Ilustrasi wanita karier. Shutterstock.com

karir

6 Keahlian Dasar yang Harus Dimiliki Ahli Marketing

Jumat, 14 Januari 2022 06:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Mitra Tarigan

CANTIKA.COM, Jakarta - Modern marketing atau pemasaran modern menjadi salah satu produk pemasaran yang mayoritas digunakan para ahli marketing atau pemasar selama masa pandemi ini. Maka dari itu, penting bagi para pemula atau yang baru hendak mempelajari modern marketing mengenai enam skill dasar yang perlu dimiliki modern marketer atau pemasaran modern.

Kepala Divisi Pemasaran PT. Nutrifood Indonesia Nina Agustriana membawakan mengatakan ilmu soal modern marketing sangat menarik. "Satu hal yang bisa jadi produk yang menjadi mencuat ketika ada pandemi," kata Nina dalam webinar virtual “Career in Marketing Role for Youth in Eastern Indonesia” oleh Lokalate Nutrifood pada Kamis, 13 Januari 2022.

Terdapat dua sisi penting dari modern marketing, yaitu kapabilitas dan enablers. Nina mengatakan bahwa kapabilitas adalah apa yang perlu diketahui dan persiapkan ketika hendak melakukan modern marketing. Sedangkan, secara enablers berarti kita memanfaatkan bakat di dalam dan di luar organisasi untuk memberikan pekerjaan pemasaran agar bisa menjadi lebih jangka panjang.

Sebagai CareerPreneur Coach atau Pelatih Karier, Nina juga menjelaskan enam kompetensi yang harus dipersiapkan bagi mereka yang tertarik memasuki ranah karir menjadi modern marketer, yaitu:

1. Kemampuan komunikasiMulai mempersiapkan dan banyak berlatih tentang kemampuan berkomunikasinya.

2. Kemampuan bersosialisasiMencari komunitas atau ekosistem yang tepat agar bisa membangun kemampuan bersosialisasi.

3. KreativitasSalah satu hal yang penting dalam dunia modern marketer, karena ketika berbicara tentang pemasaran ada satu kata kunci yang penting, yaitu “Kekinian”. Jika, ingin teknik pemasaran berhasil, maka harus melakukan upaya-upaya pemasaran yang kreatif.

4. Kemampuan analitisKemampuan tentang data, bagaimana cara membaca kemudian mengolah data dengan baik.

5. Kemauan untuk bereksperimenJangan takut untuk mencoba. Jika sudah yakin bahwa hal tersebut baik, coba dulu saja. Tidak ada yang salah dengan belajar.

6. Kenyamanan dengan perubahan teknologiMempelajari bagaimana suatu platform bekerja, serta bagaimana teknologi memudahkan keseharian.

Webinar virtual bertema “Career Introduction for Youth in Eastern Indonesia” bersama Lokalate, Nutrifood pada Kamis, 13 Januari 2022/Nutrifood

Dalam webinar tersebut, Nina juga berbagi momen-momen menarik dalam dunia pemasaran. Banyaknya aktivitas yang dilakukan dalam dunia pemasaran, membuatnya tak pernah ada hari yang sama karena setiap harinya selalu ada aktivitas baru. “Kita di Nutrifood percaya bahwa ketika kita mau melakukan pekerjaan kita, ada baiknya itu pun kita hidupi. Kalau kita ingin supaya value sehat itu jadi penting buat orang lain, kita pun pengen value sehat itu lebih penting untuk diri kita,” ujar Nina.

Memasuki dunia pemasaran, kreatif dan mau belajar menjadi salah satu modal kesuksesan sebagai pemasar. Ditambah lagi situasi pandemi yang mengharuskan segala kegiatan dilakukan secara online, menuntut para ahli marketing untuk lebih canggih dalam penggunaan teknologi.

BERNADETTE JEANE WIDJAJA