Istri Gilang Dirga, Adiezty Fersa Hamil Usai Beberapa Kali Keguguran

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Gilang Dirga mengumumkan kehamilan Adiezty Fersa yang sudah berusia 16 minggu pada Sabtu, 1 Januari 2022. Foto: Instagram/@adieztyfersa @gilangdirga

Gilang Dirga mengumumkan kehamilan Adiezty Fersa yang sudah berusia 16 minggu pada Sabtu, 1 Januari 2022. Foto: Instagram/@adieztyfersa @gilangdirga

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Pasangan Gilang Dirga dan Adiezty Fersa akhirnya mengumumkan kehamilan setelah mengalami beberapa kali keguguran. Usia kandungan Adiezty saat ini sudah memasuki 16 minggu.

"Sebenarnya sangat sulit untuk merahasiakannya (dari siapa pun) begitu lama, karena tentu saja, kami sangat senang dengan ini. Tapi di sinilah kita hari ini, dengan senang hati mengumumkan bahwa sekarang saya HAMIL 16 MINGGU. Ya! Doakan kami sukses ya guys!!" tulis Gilang dan Adiezty di Instagram satu jam lalu, Sabtu, 1 Januari 2022.

Gilang dan Adiezty mengunggah foto malam tahun baru sambil menunjukkan test pack yang menyatakan positif hamil. Gilang memegang sebuah papan yang dilengkapi dengan foto hasil USG kandungan Adiezty dan inisial calon buah hatinya. "2022 akan menjadi luar biasa. Bayi kecil G akan datang tahun ini," demikian tulisan pada papan tersebut.

Kabar kehamilan Adiezty Fersa ini disambut bahagia oleh rekan-rekan selebriti. "Yeayyyy, sehat-sehat kalian," tulis Tya Ariestya. "Alhamdulillah. Selamaaaaat buat kalian," tulis Wendy Cagur. "Oooo My God, congratulations kalian, bahagia banget liatnya, sehat sehat sehat, lancar pokoknya semua," tulis Gracia Indri. "Aminnnnn congrats," tulis Gading Marten.

Selama ini, pasangan yang sudah menikah selama lima tahun itu telah melakukan berbagai cara untuk dapat memiliki keturunan, termasuk bayi tabung. Sebagai istri, Adiez khawatir jika pernikahannya ini tidak kunjung diberikan momongan oleh Yang Maha Kuasa. Justru Gilang yang menenangkan Adiez dan memastikan ia akan selalu setia meski nantinya tidak memiliki anak.

Pasangan Gilang Dirga dan Adiezty Fersa Oktober 2020 mengabarkan program bayi tabung yang mereka jalani belum juga berhasil. Padahal, Adiez sempat memberikan kejutan kepada Gilang saat hasil test pack yang dilakukannya menunjukkan dua garis. Namun tidak lama setelah itu ternyata keduanya harus menerima kenyataan pahit, di mana Adiez mengalami pendarahan.

Seperti yang dialami oleh Adiez, kehamilan pasca-keguguran memerlukan perhatian khusus. Studi mengungkap sekitar 50 persen kehilangan terjadi karena apa yang disebut kelainan kromosom.

Perempuan di atas 35 tahun juga lebih mungkin mengalami keguguran karena sel telur cenderung memiliki lebih banyak kelainan kromosom seiring bertambahnya usia. Namun, mengikuti gaya hidup sehat dapat membantu mendorong kehamilan yang sehat.

1. Jaga asupan cairan

Cobalah minum banyak air dan makan makanan yang seimbang. Para ahli merekomendasikan agar wanita minum 10 cangkir cairan dan makan tambahan 300 kalori setiap hari mulai trimester kedua untuk mendukung kehamilan.

2. Vitamin

Saat Anda mulai dinyatakan hamil, pastikan untuk mengonsumsi multivitamin harian dengan asam folat untuk membantu menjaga simpanan nutrisi Anda.

3. Olahraga ringan

Berolahragalah secara moderat setidaknya selama 150 menit setiap minggu. Berjalan/joging, berenang, yoga, dan Pilates adalah pilihan yang baik. Anda sebaiknya menghindari aktivitas tertentu, seperti olahraga kontak, aktivitas dengan risiko jatuh, atau aktivitas, seperti yoga panas, yang dapat membuat Anda kepanasan. Jika diperlukan periksa dengan dokter Anda untuk pedoman khusus untuk kesehatan dan kehamilan Anda.

4. Hindari hal ini

Hindari zat-zat seperti alkohol, nikotin, dan obat-obatan. Kafein adalah hal lain yang harus diperhatikan. Tidak apa-apa untuk minum kopi, tetapi cobalah untuk tetap pada satu 12-oz. cangkir (200 miligram) minuman berkafein apa pun setiap hari.

5. Periksa rutin

Ikuti terus janji temu prenatal Anda dan hubungi dokter Anda dengan segala kekhawatiran yang Anda miliki mengenai kesehatan Anda atau kesehatan bayi Anda. Ingatlah juga kesehatan Anda yang lain — ini berarti mengelola kondisi kronis apa pun yang Anda miliki dan minum obat sesuai petunjuk.

6. Jangan abaikan emosi

Sambil mengurus semua hal fisik, pastikan juga untuk memeriksa emosi Anda. Sangat normal untuk merasakan berbagai perasaan selama kehamilan setelah keguguran.

Dan meskipun tidak ada perasaan yang benar atau salah, Anda mungkin mempertimbangkan untuk mencari bantuan jika Anda mengalami kecemasan dan/atau depresi.

Terapis berlisensi dapat membantu Anda menavigasi banyak emosi yang Anda rasakan dan menawarkan alat untuk membantu Anda mengatasinya. Anda juga dapat melanjutkan percakapan ini dengan pasangan Anda atau teman dekat atau anggota keluarga.

Baca: 11 Kalimat yang Harus Dihindari saat Menghibur Teman yang Keguguran

MARVELA | HEALTHLINE

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."