Kaleidoskop 2021: Nuansa Pedesaan dan Ruang Multifungsi jadi Tren Desain Rumah

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Desain interior warna pastel Attar Scandinavian House di Malang karya Indra Sedjawan (Arsitag.com)

Desain interior warna pastel Attar Scandinavian House di Malang karya Indra Sedjawan (Arsitag.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Tak hanya fashion dan kecantikan yang memiliki tren di tiap tahunnya, begitu pula dengan desain rumah yang mulai bergeser di tahun 2021. Terlebih tahun ini kita masih menjalani masa Pandemi Covid-19

Salah satu yang terkena dampak adalah hubungan manusia dengan area rumah. Prioritas terkait desain rumah pun mulai bergeser, dimana faktor kebersihan, fungsionalitas dan well-being menjadi fokus utama, dan membentuk tren desain rumah masa depan.

Berikut kaleidoskop 2021 yang mengulas tren desain rumah dari mulai bernuansa pedesaan hingga multifungsi.

1. Cottage Core

Pasangan bintang Hollywood Mila Kunis dan Ashton Kutcher membangun rumah bergaya pertanian modern di puncak bukit di Los Angeles. Pasangan ini merancang dan membangun rumah mereka bersama arsitek Howard Backen dan desainer interior Vicky Charles. Douglas Friedman/AD

Cottage core merayakan kehidupan pedesaan yang ideal, dengan fokus pada keterampilan dan kerajinan tradisional; itu telah menemukan momennya selama 18 bulan terakhir ketika orang-orang tinggal di rumah, mencoba keterampilan baru seperti memanggang dan menjahit, dan melihat ke alam untuk kenyamanan dan ketenangan.

Tren Cottagecore ditandai dengan pola klasik, sudut yang nyaman, dan sentuhan pedesaan. Untuk mendapatkan tampilan ini fokus pada pola bunga, gunakan kain alami seperti wol dan linen dan aksesori dengan barang-barang buatan tangan seperti tembikar.

2. Japandi

Desain kamar minimalis dikenal dengan keseimbangan dan keindahan yang disederhanakan. (Pexels/Dmitry Zvolskiy)

Ya. Itu adalah perpaduan antara Jepang dan Scandinavia. Pikirkan bentuk sederhana, garis bersih, ruang cerah, dan warna terang. Jadi, jika Cottagecore bukan milik Anda, maka ini mungkin lebih dari Anda!

Untuk mendapatkan tampilan ini, pertama-tama Anda harus merapikannya. Jadi, jika rumah Anda merasa sedikit kewalahan – cari tahu apa yang dapat Anda sumbangkan, jual, atau simpan. Anda harus membuat rumah Anda terbuka dan minimalis – dan permukaan itu harus bersih!

Palet warna Japandi bersih dan netral, jadi pilihlah warna putih, abu-abu, dan krem – ditambah lagi dengan kayu alami (oak muda sangat populer di sini), rotan dan bambu ke dalam pilihan furnitur Anda.

3. Warna Pantone 2021

Pantone mengumumkan warna tahun 2021, kuning dan abu-abu. Instagram.com/@pantone

Illuminating Yellow dan Ultimate Grey adalah warna tahun ini, tidak sedikit yang menjadi penggemar dua warna ini. Ini adalah kombo yang luar biasa dan tak lekang oleh waktu yang terlihat elegan dan keren sekaligus. Kedua warna ini bekerja sama dengan sempurna dan jika Anda membutuhkan lebih banyak inspirasi.

4. Ruang multifungsi

Desain interior memanfaatkan sudut ruangan (arsitag.com)

Kita semua memiliki banyak tugas selama kurang lebih hampir dua tahun, dan rumah kita telah melakukan hal yang sama. Meja dapur telah berubah menjadi meja kerja, lounge telah menjadi ruang zoom, kamar tidur telah menjadi sekolah. New normal adalah rumah dengan ruang multifungsi, dengan ruang sebagai keharusan. Itu adalah tren desain yang masih diminati, dan kemungkinan akan bertahan untuk sementara waktu.

Untuk mewujudkannya, Anda harus pintar menata ruang sesuai fungsi. Zona keluar kamar dengan furnitur yang ditempatkan secara strategis; berinvestasi di meja lipat/kursi/tempat tidur dan memanfaatkan semua ruang tinggi dan rendah. Penyimpanan dapat membantu pada saat ini, sehingga Anda dapat memutar barang atau pakaian musiman masuk dan keluar dari unit penyimpanan Anda – mengosongkan ruang di rumah Anda untuk olahraga/ruang belajar/perpustakaan/kantor atau apa pun yang Anda butuhkan.

Baca: Kaleidoskop 2021: Rumah Mode Rilis Koleksi Teranyar lewat Video Game dan Film

SHURGARD

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."