Resolusi 2022, Capai Kesehatan Finansial dengan 3 Tips Berikut Ini

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi mengelola keuangan. Shutterstock

Ilustrasi mengelola keuangan. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta -  Bagi banyak orang, pergantian tahun menuju tahun yang baru mengisyaratkan motivasi untuk menjadikan hidup lebih bermakna dalam bentuk Resolusi 2022 misalnya.

Bentuk resolusi perbaikan atau kerap dikenal sebagai resolusi, juga beragam, mulai dari komitmen berolahraga, menjaga asupan makanan, membangun relasi lebih erat dengan kerabat, hingga menabung demi kesehatan finansial yang ideal sesuai dengan kesehatan finansial masing-masing orang.

Namun, menurut hasil penelitian dari University of Scranton yang dilansir oleh Statistic Brain, institusi riset global terkemuka khusus kumpulan data statistik dan grafis antarmuka serupa infografik, mengungkapkan bahwa sebanyak 23 persen orang mundur dari resolusi seminggu setelah tahun baru.

Hanya berkisar antara 8 persen hingga 19 persen orang lah yang bisa bertahan dan tekun wujudkan resolusi tahun baru dalam jangka panjang. Hal ini karena resolusi tahun baru yang dicanangkan kerap kali terlalu ambisius dan terbawa suasana hitungan mundur waktu pergantian tahun.

Secara khusus, resolusi finansial menuju cita-cita untuk mandiri dan sejahtera secara finansial tentu menjadi tujuan semua orang. Di era digital yang serba-instan seperti saat ini, salah satu taktik agar bisa mulai secara perlahan mengontrol spending habit adalah mengkotak-kotakkan pos keuangan untuk pengelolaan yang lebih mawas. Dulu, memiliki beragam rekening tabungan membutuhkan proses administratif yang cukup memakan waktu dan tenaga.

Menanggapi topik seputar resolusi tahun baru, Direktur Community Financial Services (CFS) Maybank Indonesia, Steffano Ridwan, mengatakan di tengah tantangan untuk bisa merealisasikan resolusi, baik itu terkait hidup sehat maupun finansial, Maybank Indonesia menghadirkan solusi tabungan guna mendukung para milenial dan keluarga muda untuk mengelola keuangan sehari-hari sekaligus menabung melalui Maybank Tabungan U dan U iB.

"Kami juga telah merancang solusi tabungan ini dengan sedemikian rupa sehingga Nasabah dapat menyisihkan dana untuk masa depan tanpa mengesampingkan kebutuhan akan lifestyle trendi dan terkini”.

Berikut ini, Maybank Indonesia merekomendasikan 3 tips sederhana untuk mencapai kesehatan finansial sebagai resolusi tahun 2022.

Ilustrasi perencanaan keuangan. Mommysdiary.com

1. Siapkan strategi untuk lunasi hutang dan cicilan

Salah satu penghalang terbesar dalam mencapai kesehatan finansial adalah kondisi hutang dan cicilan. Tajamkan fokus untuk mengatur strategi yang lebih bijak dalam melunasi hutang dan cicilan. Kemudian, perbaiki pengelolaan keuangan dengan membedakan rekening transaksi dan rekening tabungan.

.2. Banyak cara pintar menuju kesehatan finansial ideal

Tidak ada kata terlambat untuk memulai komitmen menuju goal kesehatan finansial ideal. Beberapa indikasi kondisi finansial sehat paling umum adalah tidak ada hutang, dana darurat berkecukupan, dan perencanaan dana pensiun makmur. Cita-cita tersebut tidak hanya dapat dicapai cukup dengan menabung saja, tetapi juga dengan memperhatikan pos-pos pengeluaran kecil, seperti biaya administratif perbankan.

3. Jadikan proses menuju finansial sehat ini sebagai journey yang menyenangkan

Pintar mengelola keuangan menuju dompet sehat harus juga didukung oleh semangat yang tidak padam. Ketika journey menuju finansial sehat dijalankan dengan merana, maka akan ada kecenderungan untuk revenge shopping dengan berbelanja lebih boros lagi. Oleh karena itu journey yang menyenangkan dalam menabung menjadi sangat penting untuk menuju finansial yang sehat.

Baca: Yuk Mulai Resolusi 2022 dengan Memilih Merek Fashion Ramah Lingkungan

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."