Seperti Asmirandah dan Jonas Rivanno, Ini Tips Sehat Pernikahan Tetap Hangat

Asmirandah dan Jonas Rivanno. (Instagram - @asmirandah89)

cinta

Seperti Asmirandah dan Jonas Rivanno, Ini Tips Sehat Pernikahan Tetap Hangat

Selasa, 21 Desember 2021 20:05 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Aktris sinetron, Asmirandah yakin pernikahannya bersama Jonas Rivanno akan langgeng lantaran dilindungi Tuhan. "Aku yakin Tuhan pelihara aku sama Vanno. Tuhan juga pelihara pernikahan kami," kata Asmirandah dalam tayangan video saat menjadi tamu di podcast Daniel Mananta dan diunggah kembali mantan video jockey MTV itu di halaman Instagramnya, Selasa, 21 Desember 2021.

Daniel Mananta pun mencuplikkan pernyataan Asmirandah dan sepakat dengannya. "So, kalau ada yang berkata negatif ke dalam hidup kita, BLOCK IT! Habis itu fokus ke kekuatan janji Tuhan/perkataan Tuhan ke dalam hidup kita," tulisnya dalam keterangan unggahannya.

Asmirandah dan Jonas Rivanno besok akan memperingati delapan tahun pernikahan mereka. Keduanya menikah dengan kontroversi yang membuat mereka menepi beberapa tahun.

Asmirandah sempat mengajak Jonas untuk mualaf agar bisa menikah. Tak lama kemudian, keduanya mengajukan pembatalan pernikahan secara Islam dan menikah ulang di gereja setelah Asmirandah masuk Kristen.

(kiri ke kanan) Asmirandah bersama suami, Jonas Rivanno. Foto: tangkapan layar Youtube/Daniel Mananta Network

Saat itu, pernikahan membuat keduanya mendapatkan hujatan lantaran dianggap mempermainkan agama. Hujatan dan cacian tak putus diberikan orang tua Chloe Emmanuelle Van Wattimena. Mereka diramal pernikahan tak akan langgeng. Selama menepi dari dunia sinetron, mereka memilih melakukan pelayanan di gereja.

"Aku enggak peduli sama perkataan orang karena perkataan orang enggak punya kuasa atas aku, tapi kita yang berkata-kata, perkataan kita itu yang berkuasa atas diri kita sendiri," katanya.

Menurut Asmirandah, meski mendapatkan kutukan dan hujatan dari orang lain, selagi dia dan Vanno berbuat baik, sumpahan itu tak akan sampai. "Kita enggak pernah mengutuki orang, enggak bicara buruk sama orang itu enggak akan kena di kita karena kita punya Tuhan yang punya kuasa atas diri kita," ujarnya.

Seperti halnya perjalanan pernikahan yang dirasakan Asmirandah dan Jonas Rivanno, dibutuhkan usaha dari kedua belah pihak agar memiliki pernikahan yang sehat. Sama seperti nutrisi yang baik dan olahraga teratur dapat membantu Anda memiliki tubuh yang sehat, ada hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk memiliki pernikahan yang sehat.

Berikut lima tips agar menghangatkan pernikahan Anda:

  • Habiskan Waktu dengan Satu Sama Lain

Pasangan yang sudah menikah membutuhkan waktu bersama untuk tumbuh kuat. Rencanakan kencan malam dan kegiatan akhir pekan yang dijadwalkan secara teratur. Jika liburan tidak segera memungkinkan, maka buatlah itu sebagai tujuan yang akan Anda upayakan. Dengan menghabiskan waktu bersama pasangan, Anda akan lebih memahami perbedaan Anda dan cara merundingkan masalah yang mungkin ditimbulkannya. Lupakan diskusi "kualitas vs. kuantitas"—pernikahan yang sehat membutuhkan keduanya.

  • Belajar Menegosiasikan Konflik

Konflik adalah bagian normal dari hubungan apa pun. Akan tetapi, ada suatu titik ketika intensitasnya dapat meningkat dan menjadi tidak aman secara emosional dan kadang-kadang secara fisik. Mengatasi masalah dalam suatu hubungan dimulai dengan memahami apa masalah Anda dan bagaimana mendiskusikannya. Ada banyak sumber yang tersedia untuk membantu Anda mempelajari cara menangani konflik. Menggunakan sumber daya ini bisa sangat membantu menjaga keamanan yang Anda dan pasangan rasakan.

  • Tunjukkan Rasa Hormat Satu Sama Lain Setiap Saat

Ketika pasangan gagal untuk menghormati satu sama lain, mereka sering tergelincir ke dalam kebiasaan negatif. Penelitian menunjukkan bahwa tidak ada yang dapat merusak hubungan lebih cepat daripada kritik dan celaan. Memperlakukan pasangan Anda sebagaimana Anda ingin diperlakukan akan memperkuat ikatan Anda.

Memberi pujian kepada pasangan Anda adalah cara cepat dan mudah untuk menunjukkan rasa hormat kepada mereka. Ketika Anda tergoda untuk mengeluh kepada seseorang tentang salah satu kekurangan pasangan Anda, tanyakan pada diri Anda bagaimana perasaan Anda jika mereka melakukan itu kepada Anda?

  • Pelajari Tentang Diri Anda Terlebih Dahulu

Banyak pasangan menjalin hubungan tanpa cukup mengetahui tentang diri mereka sendiri. Akibatnya mereka juga bisa mengalami kesulitan belajar tentang pasangannya. Belajar tentang diri sendiri akan lebih membekali Anda untuk tumbuh sebagai individu dan pasangan. Terlepas dari berapa lama Anda bersama, selalu ada lebih banyak hal yang dapat Anda pelajari tentang dia. Apa impiannya untuk masa depan? Apa ketakutan terburuknya? Bayangkan ikatan yang akan Anda bagi bersama seumur hidup jika Anda berkomitmen untuk menemukan hal-hal baru tentang satu sama lain. 

  • Eksplorasi Keintiman

Keintiman pernikahan dapat membuka hubungan Anda ke tingkat kenikmatan dan kedekatan yang sama sekali baru. Namun, penting untuk diingat bahwa keintiman tidak selalu berarti seksualitas. Aspek keintiman yang sering dilupakan adalah tipe emosional.

Contoh keintiman emosional adalah menciptakan ruang yang aman bagi pasangan Anda untuk berbagi emosinya tanpa takut dihakimi atau diejek. Pelajari perbedaan antara keintiman emosional dan fisik dan kapan masing-masing paling tepat. 

Baca: Ulang Tahun Ke-32, Jonas Rivanno ke Asmirandah: Aku Semakin Mencintaimu

ISTIQOMATUL HAYATI | WEST PATH