Dianggap Sosok Inspiratif, Anne Avantie Jadi Figur Pertama Barbie dari Indonesia

Anne Avantie dan Barbie Anne Avantie pada 18 Desember 2021/Matel

ragam

Dianggap Sosok Inspiratif, Anne Avantie Jadi Figur Pertama Barbie dari Indonesia

Minggu, 19 Desember 2021 06:07 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Mitra Tarigan

CANTIKA.COM, Jakarta - Perusahaan mainan Mattel memilih desainer Anne Avantie sebagai figur publik pertama asal Indonesia yang dibuat dalam bentuk boneka One of A Kind Barbie Role Model. "Saya persembahkan ini untuk Mami saya," kata Anne Avantie pada saat menerima bonekanya itu pada 19 Desember 2021 di Tangerang.

Anne Avantie bercerita bahwa ketika awalnya dihubungi oleh Mattel, ia mengira bahwa tawaran untuk membuat boneka Barbie dengan bentuk dirinya hanya berupa tawaran orang iseng saja. "Saya pikir 'Ah, ini guyonan saja. Ini cuma kerjaan orang nganggur saja'. Lama-kelamaan, orang Mattel hubungi lagi, lalu saya 'Lah ini tenanan loh (Lah, ini beneran loh)'," kata Anne Avantie yang ikut kaget dengan informasi itu.

Ia tidak menyangka bahwa bisa menjadi orang pertama dari Indonesia yang dibuatkan model figur boneka Barbie. "Saya itu banyak kekurangan. Saya sekolahs aja hanya sampai SMP. Naik pesawat saja takut, apa nggak salah pilih saya?" kata Anne Avantie yang sempat tidak percaya dengan tawaran itu.

Brand Manager Mattel Indonesia Mirsha Windyastuti mengatakan terpilihnya Anne Avantie sebagai figur pertama boneka Barbie asal Insonesia bukan tanpa alasan. Menurut Mirsha, tahun ini Mattel mengambil tema utama fashionista sebagai tokoh panutan. "Terkait fashion, siapa lagi yang legend selain bunda Anne Avantie?" kata Mirsha.

Anne Avantie dinilai memiliki segudang prestasi di bidang fashion tanah air dan aktif di kegiatan sosial untuk membantu UMKM dengan membentuk Pasar Tiban serta menjadi wanita pertama penerima boneka Barbie One of A Kind (OOAK) dari Indonesia turut melengkapi deretan wanita inspiratif dari berbagai negara yang telah mendapatkan penghargaan serupa.

Tim Mattel Indonesia pun menawarkan kisah Anne Avantie ke tim Mattel global dan mereka menyetujui sosok Anne Avantie yang dipilih. "Menurut tim global, sosok bunda Anne Avantie ini sangat inspiratif," kata Mirsha.

Akhirnya, pembuatan Barbie Anne Avantie pun dibuat selama 6 bulan. Komunikasi desainer dan pembuat boneka berdiskusi secara virtual antara Indonesia dan Amerika Serikat.

Program Barbie Role Model pertama kali diluncurkan pada tahun 2015 merupakan sebuah inisiatif dari Mattel Indonesia melalui Barbie untuk mengangkat kisah dan cerita wanita-wanita hebat di seluruh dunia agar bisa menjadi inspirasi bagi anak-anak perempuan untuk meraih cita-cita mereka. Hal ini dilakukan dengan menghadirkan boneka One of A Kind (OOAK) yang dibuat khusus menyerupai sosok-sosok wanita inspiratif.

Boneka One of a Kind Anne Avantie ini didesain sedemikian rupa sehingga merepresentasikan Anne Avantie, lengkap dengan ciri khas beliau yaitu konde dengan hiasan bunga kamboja di sebelah kanan. Baju yang dikenakan oleh boneka ini kebaya tradisional sederhana berwarna hitam yang merepresentasikan Anne Avantie dalam kesehariannya. Tidak lupa pula selembar kain batik yang disampirkan di bahu sebelah kanan sebagai bagian yang tak terpisahkan dari Anne Avantie dan design-nya yang selalu memberikan sentuhan kecintaan pada kebudayaan Indonesia.

Baca: Sambut Hari Batik, Sekar Jagad Jadi Tema Kolaborasi Anne Avantie dan Tupperware