Cerita Tasya Kamila Saat Anaknya Demam Kejang, Sempat Panik dan Berusaha Tenang

Tasya Kamila dan Arrasya Bachtiar (Instagram/@tasyakamila)

kesehatan

Cerita Tasya Kamila Saat Anaknya Demam Kejang, Sempat Panik dan Berusaha Tenang

Selasa, 14 Desember 2021 12:33 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Putra Tasya Kamila, Arrasya Wardhana Bachtiar sedang dirawat di rumah sakit. Arrasya diketahui mengalami kejang serta demam. Hal ini sempat membuat Tasya merasa sangat panik, walau kemudian ia pun berusaha tenang menghadapi kondisi ananknya.

"Ya Allah pengalaman pertama ngalamin anak kejang dan demam," kata Tasya Kamila melalui laman Instagramnya.

Tasya pun membawa sang anak ke rumah sakit dan Arrasya terlihat terbaring dengan tangan diinfus.

Istri Randi Bachtiar ini pun memberikan tips menangani anak yang sedang kejang melalui laman Instastorynya. Tasya mengatakan untuk tidak memasukan benda apapun ke dalam mulut sang anak.

"Tadi pas anakku kejang reaksi pertama mamaku dan mbak di rumah "cari sendok cari sendok!" No! Jangan memasukkan benda apapun ke mulut anak!" ujar Tasya.

Menurut dokter spesialis anak yang menangangi putranya, memasukan benda apapun ke dalam mulut saat kejang dapat menyumbat pernapasan.

Arrasya Wardhana Bachtiar, putra Tasya Kamila saat menjalani perawatan akibat demam kejang/Foto: Instastory/Tasya Kamila

Berikut soal demam kejang yang disampaikan Tasya:

1. Saat anak kejang, otomatis dia tidak bernapas. Ketika kejang reda, maka otomatis ia akan berusaha mengambil napas dari mulut. Kalau sampai ada benda di mulut, bisa menghalani jalur napas.

2. Posisi badan dimiringkan salah satunya supaya ketika lidah kegigit, darahnya bisa mengalir ke samping dan tidak mengganggu jalur napas.

3.Risiko dan dampak jalur napas terganggu lebih berat daripada lidah kegigit . Kalau lidah putus masih bisa disambung katanya. Namun kalau ada benda ataus endok tertinggal di mulut anak akan lebih berbahaya karena menghalangi jalur napas.

4. Kopi tidak bisa mencegah kejang demam, itu mitos.

5. Kalau bisa sedia obat anti kejang buat yang punya anak sampai dengan usia 5 tahun. Tasya mengatakan karena di keluarganya tidak ada riwayat kejang makanya tidak setok. Obat digunakan sesuai anjuran dokter.

"Alhamdulillah anaknya sudah ceria dan petakilan lagi. masih ga nyangka tadid pagi kejang terus beberapa jam kemudian udah iasa aja lagi. Mamanya masih kayak mencoba memproses ini semua, anaknya udah move on," ucap Tasya lega.

Sebagai informasi didketahuI, anak Tasya mengalami infeksi jamur di saluran cerna yang disebabkan karena salah makan atau keracunan makanan. "Arrasya juga mengalami diare hingga 15 kali."

Baca: LDR dengan Randi Bachtiar, Begini Cara Tasya Kamila Jaga Keharmonisan