Insecure dan Cara Jualan Online, Paling Sering Dicari di Google Sepanjang 2021

Ilustrasi wanita merasa insecure. Freepik.com/Cookie_studio

ragam

Insecure dan Cara Jualan Online, Paling Sering Dicari di Google Sepanjang 2021

Kamis, 9 Desember 2021 23:05 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Lebih dari tahun sebelumnya, 2021 adalah tahun ketika seluruh dunia mencari cara untuk pulih dan bangkit dengan lebih kuat lagi. Hari ini Google mengumumkan Year in Search 2021 yang menawarkan informasi dan perspektif unik tentang momen dan tren tahun 2021 berdasarkan penelusuran yang dilakukan di Indonesia.

Year in Search 2021 menggambarkan topik apa saja yang trending di Indonesia sepanjang tahun ini dan mengalami peningkatan dalam periode yang berkelanjutan sepanjang tahun dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Daftar Year in Search 2021 ini tidak disusun berdasarkan tingkat popularitas penelusuran.

Bercermin dari masa-masa sulit yang terus menguji tekad kita semua, melihat ke dalam diri, mencari tahu makna “Apa itu Insecure” dan ingin belajar lebih banyak tentang kesehatan mental seperti “Apa itu Disleksia”. Masyarakat Indonesia juga memikirkan cara untuk pulih dari pandemi dengan bertanya “Cara Mengembalikan Indera Penciuman”, “Cara Meningkatkan Saturasi Oksigen”, hingga “Pencegahan COVID-19”.

Masyarakat Indonesia juga memikirkan cara untuk bangkit, tumbuh lebih tangguh dan memperkuat jalan ke masa depan; baik sebagai wirausaha yang mencari tahu “Cara Jualan Online” atau pekerja yang mencari tahu bagaimana “Cara Daftar Kartu Prakerja”. Pada tahun 2021 masyarakat Indonesia juga mencari berbagai cara baru untuk berusaha membantu sesama dan masyarakat di sekitar kita, seperti “Apa Itu Ikoy-Ikoy-an”.

Seperti tahun lalu, pada tahun 2021 ini orang-orang juga terus mencari cara untuk tetap terhubung dengan sesama dan menikmati hiburan di rumah dengan film-film lokal seperti Ali & Ratu-Ratu Queens, atau film seri menegangkan seperti Squid Game yang berhasil menjadi salah satu pencarian trending tahun ini dalam penelusuran acara TV yang ditonton di Indonesia dan seluruh dunia.

Masyarakat Indonesia juga mewarnai hari dengan lagu dari musisi lokal seperti lagu Widodari oleh Denny Caknan dan Guyon Waton, C.H.R.I.S.Y.E dari Diskoria dan Eva Celia, hingga lagu dari musisi mancanegara seperti Butter dari BTS.

Diskoria. Istimewa

Tahun ini juga menjadi momen kebangkitan Indonesia di ajang Piala Thomas setelah 19 tahun lamanya, sekaligus menjadi tahun di mana banyak talenta Indonesia yang memimpin dan merintis jalannya di bidang masing-masing, mulai dari Greysia Polli dan Anthony Ginting di bidang Olahraga, Amanda Manopo di bidang Seni Pertunjukan, hingga Dewa Kipas di bidang Catur, dan Sisca Kohl di internet.

Communication Manager, Google Indonesia Feliciana Wienathan mengatakan dalam beberapa tahun terakhir kita semua telah mengalami serangkaian peristiwa yang membuat kita berada dalam survival mode.

"Tahun ini, kita mulai merenungkan dan mencari cara bagaimana kita dapat bangkit lebih tangguh dan terus bertumbuh. Pada tahun 2021, lebih dari sebelumnya, kita melihat bahwa masyarakat Indonesia mencari jalan menuju pemulihan," tulisnya dalam keterangan pers, Kamis 9 Desember 2021. 

Tidak hanya menunjukkan ketahanan dan kemampuan beradaptasi, tapi masyarakat Indonesia juga bersemangat untuk bertumbuh lebih tangguh, hingga menciptakan terobosan.

Di pengujung tahun yang penuh kebangkitan ini, kami melihat lebih dekat berbagai topik yang sedang trending terkait 9 kategori yang diumumkan tahun ini, diantaranya: Siapa, Peristiwa Nasional, Lagu, Apa itu, Bagaimana Cara, Resep, Film, tren seputar COVID-19 dan daftar utama Tren Penelusuran secara keseluruhan.

Baca: 5 Kiat Atasi Insecure, Mulailah Berhenti Membandingkan Diri dengan Orang Lain