Cara Elegan Minta Maaf pada Pasangan Usai Bertengkar, Tak Menuruti Ego

Ilustrasi pasangan bertengkar. shutterstock.com

cinta

Cara Elegan Minta Maaf pada Pasangan Usai Bertengkar, Tak Menuruti Ego

Jumat, 3 Desember 2021 09:05 WIB
Reporter : Bisnis.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Apakah Anda merasa bersalah karena meneriaki pasangan Anda tanpa alasan? Apakah Anda merasa sedih karena berbicara dengannya dengan nada keras? Jika jawabannya iya, ini 3 tips untuk meminta maaf ke pasangan setelah bertengkar. Setelah pertengkaran hebat, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana cara menebus perilaku kasar Anda ke pasagan.

Sebenarnya, tidak banyak yang harus Anda lakukan selain menunggu pasangan melupakan masalah tersebut dan memaafkan kesalahan Anda. Sebelum minta maaf, Anda harus belajar mengendalikan emosi saat beda pendapat dengan kekasih.

Meskipun pasangan Anda tidak boleh mengatakannya, tetapi bertengkar yang tidak perlu atau bersikap kasar terhadap satu sama lain terkadang membuat seseorang merasa bersalah.

Lain kali, jika Anda mengalami perubahan suasana hati atau bad mood, penting untuk memberi tahu pasangan dan meminta maaf segera setelah Anda menyadarinya. Berikut 3 tips untuk minta maaf kepada pasangan Anda:

1. Langsung Minta Maaf

Menerima kesalahan Anda dan merasa bersalah atas apa yang Anda lakukan merupakan hal terbaik. Jika Anda telah menyadari kesalahan Anda, itu selalu merupakan ide yang baik untuk mengesampingkan ego Anda demi hubungan Anda dan meminta maaf kepada pasangan. Namun, pastikan Anda tidak mengulanginya setiap saat. Jika Anda melakukannya kata-kata ajaib itu pasti akan kehilangan esensinya. Kata maaf akan terasa lebih seperti formalitas daripada ekspresi penyesalan yang tulus.

2. Pikirkan Tindakan Anda

Jika Anda terlalu malu untuk meminta maaf, atau jika Anda berpikir bahwa maaf saja tidak cukup, berhati-hatilah dengan tindakan Anda di masa depan. Buatlah aturan praktis untuk tidak mengulangi hal yang sama yang telah Anda lakukan sebelumnya tidak peduli seberapa marah atau frustrasinya Anda. Dengan melakukan ini, Anda tidak hanya menyadari kesalahan Anda. Lebih dari itu, Anda juga mengungkapkan ke padangan bahwa Anda telah melakukan sesuatu yang salah. Ini akan membuat kalian berdua menjadi lebih dekat.

3. Ekspresikan Perasaan Anda

Apakah Anda merasa betapa menganggunya perilaku Anda? Pikirkan seberapa besar sikap Anda mengganggu pasangan. Karena itu, buka dan ekspresikan diri Anda. Jelaskan secara rinci apa yang membuat Anda berperilaku seperti itu atau hal apa yang membuat Anda stres. Ambil tanggung jawab untuk berbicara dan bunuh rasa canggung dengan pasangan. Ini akan membantu membawa transparansi pada hubungan dan juga akan membantu memberi tahu pasangan Anda bahwa itu semua tidak disengaja.

Baca: Jangan Canggung, Bicarakan 3 Hal Ini dengan Pasangan sebelum Menikah