Berikut 7 Makanan Tinggi Kalsium, Ada Tahu dan Brokoli

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi tahu. Pixabay.com/Ally J

Ilustrasi tahu. Pixabay.com/Ally J

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kalsium salah satu mineral penting bagi tubuh manusia. Selain untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi, kalsium juga bermanfaat untuk mendukung kerja sistem saraf, pembekuan darah, dan kontraksi otot. Menurut ahli gizi, Pooja Makhija, tubuh Anda memiliki lebih banyak kalsium dalam tubuh daripada mineral lainnya. Asupan harian yang direkomendasikan (RDI) kalsium adalah 1.000 mg per hari untuk kebanyakan orang dewasa.

Wanita di atas 50 dan setiap orang di atas 70 diimbau mendapatkan kalsium 1.200 mg per hari, sementara anak-anak berusia 4-18 disarankan untuk mengonsumsi 1.300 mg.

Jika Anda berpikir bahwa kebutuhan mineral hanya dapat dipenuhi dengan susu, Anda salah besar. Ada beragam makanan kaya kalsium seperti berikut dikutip dari Times of India, Ahad, 7 November 2021.

1. Kacang Merah

100 gram kacang merah mentah mengandung 140 mg kalsium, yang dianggap baik untuk tubuh manusia. Disarankan untuk merebusnya sebelum dikonsumsi untuk mengurangi tekanan pada sistem pencernaan dan membuatnya mudah dicerna.

2. Kacang Almond

Sesuai standar gizi, 100 gram almond mengandung 60 mg kalsium dan mengandung lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk perkembangan tubuh.

3. Buah Ara

Menurut Pooja, 8 buah ara mengandung 241 mg kandungan kalsium dan jika dikonsumsi secara teratur, membantu menjaga kesehatan tulang.

4. Tahu

100 gram tahu mengandung 680 mg kalsium dan cara terbaik untuk mengonsumsi tahu adalah dengan menggorengnya atau memakannya mentah. Namun, memasak tahu terlalu lama mengurangi nilai gizinya. Oleh karena itu, disarankan untuk menghindari praktik memasak yang berlebihan.

5. Biji Bunga Matahari

Satu cangkir biji bunga matahari mengandung 109 mg kalsium dan biji ini juga kaya akan magnesium, yang membantu menyeimbangkan efek kalsium.

6. Biji Wijen

Disarankan untuk makan 1 sendok makan biji wijen setiap hari, karena menambahkan 88 mg kalsium untuk kebutuhan nutrisi harian Anda.

7. Brokoli

Satu cangkir brokoli mengandung 87 mg kalsium dan asupan brokoli secara teratur membantu mencegah kanker kandung kemih, payudara, usus besar, hati, dan perut.

Jangan lupa variasikan menu makan Anda dengan salah satu makanan di atas agar terpenuhi asupan harian kalsium Anda.

Baca juga: Kiat Memenuhi Kalsium selama Ramadan

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."