Bantu Induksi Persalinan Alami Ibu Hamil dengan Jenis Makanan Ini

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi kurma. Freepik.com

Ilustrasi kurma. Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Sebagai ibu hamil, sangat penting untuk mengatur pola makan agar tidak membahayakan calon bayi di dalam perut. Meski ada berbagai makanan yang dilarang, nyatanya ada sederet makanan lainnya yang memiliki manfaat sangat baik untuk membantu menginduksi persalinan secara alami.

Setidaknya ada empat makanan yang disarankan oleh para ahli bagi ibu hamil yang sudah memiliki kandungan usia sekitar 37 atau 38 minggu. Berikut ini uraiannya menurut Times of India:

Daun raspberry merah

Jenis daun satu ini dikenal dapat membantu untuk memperkuat otot rahim dan mengencangkan dasar panggul yang dapat bermanfaat untuk persiapan proses kelahiran. Penelitian telah mengungkapkan bahwa daun raspberry merah dapat membantu mempersingkat persalinan dan mengurangi kemungkinan operasi caesar atau kemungkinan lahiran yang dibantu dengan forsep/vakum.

Daun ini biasa dikonsumsi dalam bentuk teh dengan cara menyeduh daunnya di dalam air panas. Daun raspberry sendiri juga dapat bermanfaat untuk meningkatkan frekuensi kontraksi. Maka dari itu, hal ini disarankan untuk ibu hamil yang sudah memasuki usia 34 minggu.

Pepaya mentah

Ilustrasi buah pepaya. (Pixabay/nightowl)

Meskipun pepaya dilarang dalam kehamilan, nyatanya buah satu ini dapat dikonsumsi sesekali dan tidak akan membahayakan ibu hamil. Namun, khusus untuk pepaya hijau mentah, keberadaannya diyakini memiliki sifat yang mirip dengan hormon oksitosin. Dengan begitu, pepaya mentah sering dijadikan para ibu hamil sebagai makanannya saat sedang berusaha untuk menginduksi persalinan, selama beberapa hari terakhir sebelum melahirkan.

Nanas

Jus Nanas. Freepik.com/Jcomp

Nanas adalah buah yang umumnya dihindari oleh sebagian besar wanita hamil saat masa kehamilan. Sayangnya, anggapan seperti itu tak sepenuhnya betul. Nanas memiliki kandungan enzim yang dikenal sebagai bromelain yang diyakini dapat menyebabkan pematangan serviks. Pematangan serviks sendiri merupakan langkah pertama menuju pelebaran serviks yang selanjutnya dapat menyebabkan persalinan.

Dipercaya bahwa konsentrasi bromelain tertinggi ada pada inti nanas. Oleh karena itu, nanas sering dikonsumsi oleh para wanita hamil pada minggu-minggu terakhir kehamilan untuk membantu pematangan serviks tadi.

Buah Kurma

Satu lagi makanan yang dianjurkan bagi ibu hamil, yakni buah kurma. Kurma dipercaya dapat membantu proses pematangan serviks sekaligus meningkatkan spontanitas persalinan dan mengurangi kemungkinan pendarahan setelah melahirkan. Penelitian telah mengungkapkan bahwa mereka yang mengkonsumsi kurma pada trimester ketiga memiliki tahap persalinan yang lebih singkat dan pelebaran serviks yang lebih cepat.

Hal yang harus diingat adalah meskipun kurma mengandung serat yang tinggi, nyatanya kurma juga memiliki kandungan gula yang tinggi. Dengan begitu maka para penderita diabetes harus menghindari buah satu ini.

Baca: Ibu Hamil Jangan Malas Olahraga, Ini Pilihan Latihan yang Bisa Dilakukan

LAURENSIA FAYOLA l TIMES OF INDIA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."