Tidak Hanya Sikat Gigi, Ini Alat Kebersihan Mulut dan Gigi yang Wajib Dimiliki

Ilustrasi sikat gigi. boldsky.com

kesehatan

Tidak Hanya Sikat Gigi, Ini Alat Kebersihan Mulut dan Gigi yang Wajib Dimiliki

Sabtu, 6 November 2021 10:20 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Mitra Tarigan

CANTIKA.COM, Jakarta - Kebersihan mulut memiliki peran yang sangat penting untuk menjaga infeksi dari bakteri dan gigi berlubang. Dan untuk membersihkannya ternyata tak cuma butuh sikat gigi saja, tapi ada berbagai alat lain yang dapat menjamin mulut terhindar dari kotoran.

Menggunakan peralatan gigi yang beragam dapat memberi manfaat bagi kita untuk bisa mengecek kesehatan gigi ataupun kerusakan yang ada tanpa harus repot-repot mengunjungi dokter. Maka dari itu, siapkanlah 5 alat berikut di rumah masing-masing:

1. Jet FlosserFlosser adalah alat yang dapat digunakan untuk memberihkan gigi. Teknik water pick flosser yang dimilikinya dapat menghilangkan sisa-sisa makanan dan bakteri yang menempel di sela-sela gigi. Cara kerja alat satu ini adalah menyemprotkan air dengan tekanan yang cukup kuat ke bagian gigi kita.

2. Alat GigiJika ingin menghilangkan plak dan sisa makanan yang membandel dari gigi maka alat-alat yang biasa digunakan oleh dokter akan sangat membantu. Biasanya, benda tersebut bisa dibeli dengan satu set yang berisi 8 buah alat berbentuk scaler, palu, kaca, pinset, dan masih banyak lagi. Dengan menggunakan barang satu ini dapat memudahkan penggunanya untuk menemukan kotoran dalam mulut.

3. Flosser Tusuk GigiTusuk gigi jenis satu ini dapat memberikan manfaat untuk kesehatan gigi. Alat ini dapat digunakan tanpa harus menempelkan tangan ke dalam mulut yang juga bisa mempermudah proses pembersihan. Berdasarkan dari sumber yang beredar, alat satu ini dinilai mampu mencegah kerusakan gigi.

4. Pemoles GigiPemoles gigi bermanfaat untuk membantu gigi menjadi putih berkilau. Alat satu ini tak hanya dapat menghilangkan sisa-sisa makanan yang menempel saja, tapi juga mampu menjangkau setiap sudut di dalam mulut. Maka dari itu, jika sikat gigi tidak dapat membersihkan plak yang ada maka gunakan pemoles gigi untuk membersihkannya.

5. Sikat Gigi ListrikSikat gigi elektrik ini sangat direkomendasikan oleh dokter gigi di seluruh dunia. Sikat gigi elektrik memiliki kemampuan untuk menjangkau setiap gigi dan menghilangkan semua bakteri penyebab gigi berlubang. Sikat ini memiliki kepala kecil yang dilengkapi dengan 6 mode pembersihan. Dengan begitu bisa dipastikan sikat satu ini menjadi hal terbaik untuk dibeli.

Baca: Mengunyah Hanya di Satu Sisi Bisa Bikin Tambah Karang Gigi, Ini Kata Dokter

LAURENSIA FAYOLA l PINK VILLA