Sri Mulyani Cerita Ada Lima Menteri Keuangan Perempuan Hadir di G20

Menteri Keuangan Indonesia Sri Mulyani bersama Menteri Keuangan Kanada Chrystia Freeland. Foto: Instagram/@smindrawati

ragam

Sri Mulyani Cerita Ada Lima Menteri Keuangan Perempuan Hadir di G20

Jumat, 5 November 2021 18:05 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati atau Sri Mulyani kerap membagikan foto atau video aktivitasnya sebagai pembantu presiden lewat akun media sosialnya. Termasuk sejumlah pertemuannya dengan menteri keuangan di konferensi tingkat tinggi atau KTT G-20 di Roma, Italia.

Menurut Sri, di forum internasional yang mengumpulkan negara dengan perekonomian terbesar di dunia itu ada lima menteri keuangan perempuan yang hadir di sana. Selain dirinya sendiri, Sri menyebutkan empat menteri keuangan perempuan lainnya yang berasal dari Spanyol, Amerika Serikat, India, dan Kanada.

"Ada berapa Menteri Keuangan perempuan di G20? Jawaban: Lima. Menkeu Canada (@chrystiafreeland) Spanyol (Nadia Calvino), Amerika Serikat (Janet Yellen), India (Nirmala Sitharaman) dan Indonesia (Sri Mulyani Indrawati)," jelasnya di Instagram, Jumat sore, 5 November 2021.

"Mereka semua adalah Menteri Keuangan perempuan pertama kali di negaranya," sambung mantan direktur pelaksana Bank Dunia ini.

Kemudian ia mengatakan betapa senangnya bertemu dengan menteri keuangan Kanada, Chrystia Freeland, di sela-sela acara COP26 di Glasgow, Skotlandia, Inggris, 3 November 2021. Mereka membahas kerja sama dan dukungan Kanada untuk Indonesia dalam presidensi G20 2022.

Sri juga mengungkapkan Crysthia menaruh perhatian besar tentang pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak dalam pembangunan. Dan ternyata, Chrystia yang pernah menjabat sebagai menteri luar negeri Kanada berteman dengan Retno Marsudi, sahabat Sri Mulyani sejak SMA.

"Chrystia pernah menjabat Menteri Luar Negeri Canada, dan berteman dengan Menlu @retnomarsudi - jadi kami memiliki kawan bersama," ungkap Sri Mulyani.

Baca juga: Gaya Monokrom Sri Mulyani dan Retno Marsudi di Pembukaan G20 Summit