Fobia Naik Pesawat sejak Melahirkan Eva, Sophia Latjuba Ungkap Alasannya

Sophia Latjuba. Foto: tangkapan layar YouTube Ngobrol Asix

ragam

Fobia Naik Pesawat sejak Melahirkan Eva, Sophia Latjuba Ungkap Alasannya

Selasa, 26 Oktober 2021 11:30 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Model dan aktris, Sophia Latjuba mengaku fobia naik pesawat sejak melahirkan anak pertamanya, Eva Celia, 29 tahun lalu. Sebelumnya, ia tidak merasa takut atau deg-degan sama sekali saat naik pesawat. Menurutnya, kekhawatiran ia sebagai ibu jika terjadi apa-apa di udara salah satu pemicunya.

"Sejak Eva umur dua tahun deh. Mungkin karena ya, itu fobia, fobia. Dari Eva kecil, mungkin karena tiba-tiba punya anak trus naik pesawat itu bisa (kecelakaan di udara) ya, gak in control. Trus kalo ada apa-apa ninggalin anak. Karena (fobia naik pesawat) sejak Eva kecil, sebelumnya enggak," ujarnya kepada Anang Hermansyah dikutip dari kanal YouTube Ngobrol Asix, Senin, 25 Oktober 2021.

Hingga saat ini, Sophia mengatakan belum pernah menemui psikolog untuk membahas fobia yang tiba-tiba muncul itu. Pastinya, lanjut Sophia, fobia itu bukan karena ada trauma masa lalu karena sebelum menjadi ibu tak ada ketakutan naik pesawat.

"Enggak pernah ke psikolog atau terapis gitu untuk ngecek (fobia naik pesawat), jadi gak tau kenapa," katanya.

Anang kemudian merespons bahwa naik kendaraan apa pun baik di udara, darat atau laut, kecelakaan itu bisa terjadi. Sophia merespons bahwa perjalanan di darat tidak membuatnya takut karena masih berada di tanah. Sementara jika dibandingkan perjalanan darat atau laut, Sophia mengaku lebih takut di laut karena ada faktor gelombang luat yang bisa membesar.

Meski begitu, bukan berarti Sophia sama sekali tak naik pesawat selama itu. Jika berkaitan dengan pekerjaan atau hal mendesak, ia akan menghadapi fobianya itu. Ia mengaku mengonsumsi obat penenang saat naik pesawat.

"Jadi sampai sebelum take off minum obat penenang gitu. Bukan obat tidur, ya, obat penenang. Jadi bisa bikin tenang agak calm," ujar ibu  dua anak ini.

Ia mengaku menemukan obat penenang yang cocok saat tinggal di Amerika Serikat. Sophia pernah menetap di Amerika Serikat saat menikah dengan Michael Villareal pada 2005. Setelah bercerai pada 2012, ia kembali ke Indonesia bersama anaknya, Manueall Azizah Villareal.

Sophia sebenarnya sempat mencoba minum obat tidur, tapi ternyata hatinya tetap tidak tenang selama di pesawat. Oleh karena itu, ia minum obat penenang karena bisa membuatnya lebih tenang dan lama-kelamaan mengantuk.

"Pernah coba obat tidur, aduh parah banget sih. Masih takut dan deg-degan. Kalau obat penenang bikin tenang trus tidur," imbuh mantan istri Ariel Noah ini.

Menurut Sophia Latjuba, momen paling menakutkan saat naik pesawat adalah lepas landas atau take off.

Baca juga: Ikut Bahagia Eva Celia Dilamar, Sophia Latjuba: Sangat Cinta Kalian Berdua