Tidak Mau Kalah dengan Ridwan Kamil, Atalia Praratya Cicip Ulat Sagu. Rasanya...

Atalia Praratya mencoba ulat sagu/Instagram-@ataliapr

kuliner

Tidak Mau Kalah dengan Ridwan Kamil, Atalia Praratya Cicip Ulat Sagu. Rasanya...

Rabu, 6 Oktober 2021 17:06 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Mitra Tarigan

CANTIKA.COM, Jakarta - Istri Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Atalia Praratya, rupanya tidak mau kalah dengan sang suami. Ia pun ikut mencicipi ulat sagu saat berkunjung ke Papua demi menghadiri Pembukaan PON Papua XX 2021. "Ga kalah dong sama bapak2. Mencoba makanan khas papua. Ulat sagu," katanya pada keterangan Instagram pada 5 Oktober 2021.

Menurutnya, rasanya tidak menggelikan. "Enak kok ga geli..Yang geli mah kacamatanya," katanya menyindir penampilannya sendiri.

Atalia Praratya mengenakan atasan dan kerudung putih. Ia pun menambahkan kacamata hitam dengan pantulan warna-warni karena terlalu silau. Rasanya seperti apa ya? "Ulet banget," katanya tertawa.

Sebelumnya pada 3 Oktober 2021, sang suami, Ridwan Kamil juga memamerkan bahwa ia dan beberapa rekannya sedang menikmati ulat sagu. Walikota Bogor Bima Arya dan Bupati Kabupaten Bandung Hengky Kurniawan ikut menikmati makanan khas Papua itu dalam video di Instagram tersebut.

Kang Emil, sapaan Ridwan Kamil, seolah memberikan perintah resmi melalui Surat Keputusan Gubernur agar Bima Arya dan Hengky mencicipi makanan itu. "Saya bacakan Surat Perintah Gubernur. Memerintahkan agar Walikota Bogor untuk memakan ulat sagu. Bentuknya seperti ulat," katanya.

Bima Arya pun mengatakan akan mengikuti perintah yang sudah diberikan. "Karena sudah mendapatkan perintah, apa boleh buat. Tapi, pemimpin kan harus mencontohkan ya..," katanya tertawa.

Kang Emil pun mengatakan bahwa bawahan harus mengikuti perintah dulu. "Nanti kalau pingsan, nah baru.."

Bima Arya pun mencoba makanan khas itu. "(Rasanya) Kayak ulat," kata Bima Arya setelah mengunyahnya.

"Iya, (Rasanya) kayak ulat," kata Ridwan Kamil yang akhirnya juga mencicipinya.

Tidak berapa lama ada pula Hengky Kurniawan muncul. "Kepada Kepala Daerah, untuk memakan kearifan lokal yaitu memakan kearifan lokal. Ulat pohon sagu. Tuh masih goyang goyang," kata Kang Emil seolah memberi perintah resmi lagi kepada bawahannya.

"Kalau sudah perintah, kami nggak berani nolak," kata Hengky. Ia pun memakannya. "Rasa ulat," katanya juga.

Dalam keterangan video itu, Ridwan Kamil mengatakan bahwa ulat sagu adalah makanan kearifan lokal warga pedalaman Papua. "Ulat-ulat ini tumbuh di pelepah pohon sagu yang sudah dikupas. Penuh protein dan rasanya hmm.. geli-geli manja di lidah,” tulis Ridwan Kamil.

Ulat sagu didapatkan dari pohon sagu yang dipotong dan dibiarkan membusuk. Makanan ini kaya akan protein yang cukup tinggi dan cocok dimakan untuk penderita diabetes. Ulat sagu bisa dimakan secara langsung maupun dengan cara diolah terlebih dahulu seperti dijadikan sate atau hanya digoreng biasa. Anda sudah mencicipinya?

Baca: Ridwan Kamil Ulang Tahun Ke-50, Atalia Praratya: Tetaplah jadi Panutan Kami

ANDINI SABRINA | MT