Eiger dan Musisi Ini Kolaborasi Menjaga Alam dalam Box Set Music For Adventure

Album kompilasi musik berjudul "Music for Adventure" dari EIGER Adventure/EIGER

ragam

Eiger dan Musisi Ini Kolaborasi Menjaga Alam dalam Box Set Music For Adventure

Sabtu, 25 September 2021 06:30 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Mitra Tarigan

CANTIKA.COM, JakartaEiger Adventure resmi meluncurkan box set berjudul Music For Adventure hasil dari kolaborasi enam musisi top tanah air yang dibanderol Rp 499 ribu dan diproduksi hanya 400 buah.

"Music for Adventure adalah album kompilasi musik yang pertama bagi EIGER dan untuk produksi ini kita sediakan terbatas hanya 400. Tapi mereka yang belum mendapatkan bisa mengikuti pree order selanjutnya," ungkap GM Marketing EIGER Adventure, Riadi Suwarno pada saat peluncuran, Jumat 24 September 2021.

Seluruh hasil penjualan dari box set berjudul "Music For Adventure" ini natninya akan disumbangkan. Dalam hal ini, Eiger menggandeng Benihbaik.com untuk menyalurkan hasil penjualan kepada Borneo Orangutan Survival Foundation (BOSF). "Seluruh hasil keuntungan yang didapat dari penjualan album ini akan kami donasikan untuk misi konservasi orangutan yang habitat aslinya di hutan tropis Indonesia," kata dia.

Musisi yang terlibat dalam projek ini adalah musisi papan atas, seperti Iwan Fals, Fiersa Besari, Endank Soekamti, Alffy Rev, Navicula, Fourtwnty, dan lima musisi lokal yang merupakan para pemenang audisi "Music for Adventure". "Para musisi ini memang datang dengan panggilan jiwa mereka, mereka yang mengikuti audisi ini bahkan mereka tidak tahu benefit yang mereka dapatkan nantinya, namun mereka sangat antusias sekali untuk mengikuti ajang ini," kata Erix Soekamti yang bertugas sebagai produser dalam proyek ini.

Erix Soekamti mengatakan pengalaman membuat proyek ini membuat para musisi termasuk dirinya untuk lebih dekat dengan alam. “Music for Adventure merupakan proyek yang luar biasa bagi saya pribadi dan untuk kami di Beli Album Fisik, karena melalui album ini banyak karya yang lahir dari alam dan akan dikembalikan lagi ke alam,” katanya.

Bagi para musisi pun proyek ini merupakan sesuatu yang baru dan mengesankan. Seperti Fiersa Besari, musisi yang juga brand ambassador Eiger Adventure, bercerita bahwa lagu ini diciptakan untuk mengajak pendengar musiknya untuk pergi sejenak, meresapi apa yang alam kasih, dan kembali pulang untuk lebih membumi.

Sedangkan Ari Lesmana dari Fourtwnty menceritakan bahwa pengalaman untuk rekaman langsung di alam adalah hal baru. Mereka mendapat kesempatan merekam lagu mereka di Ramang-Ramang, Sulawesi Selatan. Awalnya mereka sudah mempersiapkan lagu lama mereka dan memberikan aransemen baru. Namun ketika menikmati alam yang indah di Ramang-Ramang, maka mereka malam langsung membuat lagu baru. “Sesuai dengan judulnya Music for Adventure, lagu kami di album ini pun langsung terinspirasi dari alam Ramang-Ramang di Sulawesi Selatan. Harapannya, akan lebih banyak orang yang tahu dan ingin datang menikmati keindahan Ramang-Ramang,” ujar Ari Lesmana, vokalis Fourtwnty.

Di sisi lain, terpilihnya 5 band lokal di album kompilasi musik ini pun melalui proses yang tidak mudah. Ada lebih dari 1.000 band mengirimkan karya yang memiliki relevansi dengan alam. Setelah proses yang cukup panjang, Eiger bersama dengan Beli Album Fisik kemudian memilih 5 band terbaik untuk masuk ke album ini.

Dalam kesempatan ini, hadir pula Founder Benihbaik.com, Andy F Noya yang mengatakan bahwa Eiger bukan sekedar sebuah brand melainkan sebuah gerakan yang berfokus pada alam sekitar. "Kami pun secara transparan akan terus melaporkan dana yang masuk sampai berapa yang sudah disalurkan," kata Andy F Noya.

Andy F Noya menambahkan bahwa kegiatan ini bisa menjadi bukti bahwa bermusik itu tidak hanya soal menghibur, namun anak muda bisa membuat tujuan yang keren. "Salah satunya dengan menjaga alam, dan kesejahteraan petani peternak dan mengangkat kembali produk keseniannya," katanya.

Dijual terbatas seharga Rp 499 ribu, album kompilasi ini berisikan CD dengan 12 lagu, DVD yang menggambarkan proses dibalik pembuatan lagu, sertifikat, benih tanaman, photocard beserta lirik, photobook, kaos dan masker eksklusif serta perlengkapan makan berbahan kayu.

Baca: Berencana Lakukan Road Trip? Siapkan Perlengkapan Wajib Ini