Lesti Kejora Hamil, Ketahui 4 Tanda Kehamilan Awal yang Jarang Dikenali

Lesty Kejora berada dibawah Yoona Lim, kini berada diurutan keempan yang tahun lalu ada di urutan pertama. Urutan pertama 100 Most Beautiful Women di dunia oleh Top Beauty World ditempati oleh Hande Ercel, aktris dan model Turki. Instagram/@lestykejora

kesehatan

Lesti Kejora Hamil, Ketahui 4 Tanda Kehamilan Awal yang Jarang Dikenali

Kamis, 23 September 2021 10:05 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta -  Lesti Kejora mengetahui dirinya hamil yang diikuti Rizky Billar secara resmi mengumumkan kehamilan Lesti Kejora. “Alhamdulillah, Dede saat ini sedang mengandung,” ucap Rizky Billar dengan mantap secara live bertajuk The Secret of Leslar pada channel YouTube Rans Entertainment, Selasa 21 September 2021. 

Pada acara yang dipandu oleh Raffi Ahmad dan Nagita Slavina ini, Rizky Billar dan Lesti Kejora juga mengumumkan kalau keduanya sudah menikah secara agama pada awal tahun 2021.

Sebelum secara resmi mengumumkan kabar bahagia tersebut, Nagita Slavina sempat mengajak Lesti Kejora membahas tentang mempersiapkan kehamilan. Ia menyarankan untuk melakukan hubungan seksual di masa puncak kesuburan.

Cara mengukur masa subur secara akurat sampai 99.9 persen dengan cara mendeteksi hormon Luteinizing Hormone (LH) di dalam urin. Hormon ini akan meningkat tajam menjelang ovulasi. Nagita pun lanjut menyarankan kepada Lesti apabila sudah ada tanda kehamilan awal, ia bisa memastikannya.

Penelitian menyebutkan hormon hCG bisa mulai dideteksi oleh test pack 7 hari setelah pembuahan. Pregnancy test menunjukkan hasil positif ketika muncul dua garis biru pada test pack. Tapi biasanya kebanyakan perempuan mulai berpikir untuk menggunakan test pack setelah mengalami telat haid.

Fungsi dari hormon hCG adalah untuk menjaga kehamilan dan perkembangan janin. Namun, tingginya kadar hormon ini di masa kehamilan membuat tubuh mengalami perubahan yang oleh banyak orang disebut sebagai tanda kehamilan.

Berikut tanda kehamilan awal yang jarang dikenali yang dikutip dari siaran pers Andalan Pregnancy & Ovulation Test Kit, Rabu 22 September 2021. 

1. Konstipasi

Tingginya kadar hormon kehamilan membuat sistem pencernaan melambat. Inilah mengapa yang kemudian membuat kehamilan awal lebih rentan mengalami konstipasi atau sembelit. Tapi tidak banyak yang menyadari hal ini sebagai tanda kehamilan awal.

2. Sering buang air kecil

Pada kehamilan awal kebanyakan perempuan lebih sering buang air kecil terutama di malam hari. Tapi ini sering kali tidak dilihat sebagai tanda awal kehamilan. Seringnya buang air kecil terjadi selain karena adanya hormon kehamilan di dalam tubuh, pada awal kehamilan bertambahnya jumlah cairan tubuh.

3. Mood swing atau suasana hati cepat berubah

Selama kehamilan, tak hanya hormon hCG yang berperan tapi juga ada hormon estrogen, progesteron, oksitosin, dan prolaktin. Kondisi hormon yang fluktuatif membuat mood swing tanpa alasan yang jelas.

4. Cepat lelah

Jika kamu merasa lebih cepat lelah dari biasanya, ini bisa jadi tanda kehamilan awal. Karena di trimester pertama kehamilan kadar hormon progesteron meningkat, ini membuat jumlah darah di dalam tubuh ikut meningkat dan detak jantung jadi lebih cepat. Alhasil kamu jadi merasa cepat lelah karena metabolisme tubuh yang bergerak lebih cepat.

Baca: Lesti Kejora Hamil, Simak Tips Menjaga Kesehatan di Masa Awal Kehamilan