4 Alasan Anda Harus Nonton Squid Game

Adegan di drama Korea, Squid Game. Foto: Netflix.

ragam

4 Alasan Anda Harus Nonton Squid Game

Rabu, 22 September 2021 11:05 WIB
Reporter : Bisnis.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Serial terbaru dari Korea Selatan berjudul Squid Game tayang perdana di Netflix pada Jumat, 17 September 2021. Serial yang mengusung tema survival tersebut mengisahkan perjuangan ratusan orang untuk mendapat uang 45,6 miliar won.

 1. Alur cerita

Squid Game mengusung genre thriller, aksi, dan petualangan. Dalam serial ini, ratusan orang diminta untuk bersaing mengalahkan satu sama lain demi hadiah uang dengan nominal fantastis.

Menurut sutradara Hwang Dong Hyuk, Squid Game menggambarkan persaingan yang dihadapi orang dewasa dalam kehidupan nyata. Jika ditarik benang merahnya, manusia akan terus berjuang untuk mendapatkan uang agar bisa bertahan hidup di dunia.

Secara utuh, alur cerita serial yang digarap oleh Dong Hyuk ini terinspirasi dari permainan tradisional Korea yang populer pada 1970-an hingga 1980-an. Meskipun hanya diminta bermain permainan anak-anak, namun peserta dalam Squid Game harus mempertaruhkan nyawa mereka.

2. Permainan khas Korea Selatan

Permainan yang dimainkan dalam Squid Game adalah permainan masa muda para peserta. Salah satu game yang dimainkan yakni Lampu Merah, Lampu Hijau. Kemudian, semua permainan anak-anak yang dilakoni memiliki konsekuensi yang mematikan dan brutal. Di dalam permainan Lampu Merah Lampu Hijau, pemain yang gagal berhenti bergerak di Lampu Merah akan dieksekusi mati oleh penembak.

3. Sifat khas manusia

Dalam memainkan berbagai permainan yang disiapkan oleh penyelenggara acara, para pemain akan memunculkan sifat asli mereka. Demi meraih hadiah utama dan mempertahankan hidup, mereka harus berupaya bertahan. Bermain jujur, curang, saling berkhianat, atau menyiapkan strategi yang bagus adalah insting manusia untuk mencapai tujuan hidup.

Dalam serial ini, penonton akan diperlihatkan berbagai macam karakter manusia saat berada di dalam keadaan terdesak. Selain itu, setiap dari manusia memiliki alasan tersendiri mengapa bertindak demikian.

Serial ini nampaknya mengajak penonton untuk ikut merasakan emosi-emosi yang ditampilkan oleh para aktor. Dengan latar belakang menyedihkan, cerita Squid Game bisa sangat menyayat hati.

4. Pesan dari sutradara 

"Squid Game adalah permainan yang paling menguras fisik di antara permainan yang pernah saya mainkan saat masih kecil dan juga salah satu permainan favorit saya. Saya merasa permainan ini menunjukkan situasi kompetitif di masyarakat saat ini," kata sutradara Hwang Dong Hyuk dalam konferensi pers virtual pada Rabu, 15 September 2021.

Menurutnya, Squid Game merupakan sebuah perumpamaan yang mengenai masyarakat kontemporer dan persaingan kapitalisme yang tiada akhir. Serial yang dibuatnya ini juga ditujukan untuk memperlihatkan sebuah ironi, di mana niat baik kapitalisme yang ingin membantu mensejahterakan hidup seseorang sebenarnya bisa menciptakan sebuah persaingan yang brutal dan mencelakai manusia. Ada banyak simbolisme dan makna mendalam yang tersembunyi di serial Squid Game. 

Kisah Squid Game berhasil memikat hati penonton. Hanya butuh tiga hari sejak dirilis, Squid Game menduduki peringkat ketiga bersaing dengan serial ternama lainnya. Dilansir dari Korea Insight, ada lima peringkat teratas yang masuk dalam daftar serial terlaris di Netflix periode 19 September 2021. Posisi pertama ditempati oleh serial drama komedi asal Inggris, Sex Education dengan skor 800, dilanjutkan dengan Lucifer di peringkat kedua dengan skor 617.

Squid Game di posisi ketiga dengan skor 562. Angka tersebut mengalahkan serial Korea lainnya, Sweet Home yang dirilis pada 2020 dengan skor 428 selama penayangannya. Dengan perbedaan skor tersebut, Squid Game saat ini menjadi drama Korea dengan skor tertinggi di Netflix.

Tak hanya mengalahkan serial dari negara asalnya, Squid Game juga mampu melampaui serial ternama asal Spanyol, Money Heist yang mendapatkan skor 524. Di posisi kelima tempati oleh serial terbaru Netflix yang rilis akhir Agustus lalu, Clickbait dengan skor 214.